Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Masa pendaftaran calon mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) resmi ditutup pada Kamis (24/5/2018) malam pukul 22.00 WIB. Hingga berita ini ditulis Jumat (25/5/29108) pukul 17.00 WIB, jumah pendaftar yang telah melakukan pembayaran mencapai sekitar 17.000 peserta.

Demikian dikatakan Kepala Humas UIN Jakarta Feni Arifiani kepada BERITA UIN Online saat dikonfirmasi mengenai jumlah pendaftar jalur UM seusai ditutupnya masa pendaftaran kemarin malam. Jumlah pendaftar tersebut masih bersifat sementara mengingat masih terdapat waktu bagi calon mahasiswa baru yang melakukan pengisian biodata setelah pembayaran.

Dari informasi yang dihimpun, tercatat ada sedikitnya 16.876 peserta yang telah melakukan pengisian biodata dari tiga paket program studi yang ditawarkan. Riancian masing-masing paket adalah Paket A (agama dan sosial) sebanyak 10.591 peserta, Paket B (sains) sebanyak 4.811 peserta, dan Paket C (campuran) sebanyak 1.474 peserta.

Adapun peserta yang sudah berhasil melakukan pencetakan kartu ujian terdapat 16.468 peserta. Rinciannya, Paket A sebanyak 10.334 peserta, Paket B sebanyak 4.692, dan Paket C sebanyak 1.442 peserta. Jumlah angka tersebut akan berubah karena terdapat masa tenggang antara waktu pembayaran dan pengisian biodata serta pencetakan kartu ujian.

“Masa tenggangnya satu minggu. Jadi, angka tadi belum final ,” kata Feni.

Calon mahasiswa baru yang sudah melakukan pencetakan kartu merupakan peserta sah untuk mengikuti UM. Sesuai jadwal, seleksi mahasiswa baru akan digelar pada 2 Juni mendatang secara serentak. Seleksi dilakukan secara terulis yang akan dipusatkan di gedung-gedung perkuliahan serta beberapa titik lokasi lain di dalam serta di sekitar kampus.

“Saya mengimbau kepada seluruh peserta agar melakukan pengecekan lokasi ujian pada H-1 waktu seleksi. Sebab, jika tidak disurvey dikhawatirkan para peserta tidak tahu lokasi sehingga dapat merugikan mereka sendiri karena terlambat masuk ke ruang ujian,” ujarnya. (ns)

Share This