Ciputat, BERITA UIN Online— Menteri Agama RI (Menag) Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi menyalurkan bantuan Rp2 Miliar dan sejumlah peralatan kesehatan (alkes) ke RS Syarif Hidayatullah. Bantuan disalurkan guna membantu rumah sakit yang berada di lingkungan UIN Jakarta ini dalam menghadapi penyebaran virus COVID 19 atau virus Corona dan beragam dampak kesehatan yang ditimbulkannya.

Bantuan diserahkan Menag dalam kunjungannya ke UIN Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah di Ciputat, Ahad (22/03/2020). Kunjungan diterima langsung Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, Direktur RS Syarif Hidayatullah dr. Amir Fauzi MARS, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Ahmad Rodoni, Dekan Fakultas Kedokteran dr. Hari Hendarto, Ph.D., Sp.PD-KEMD., FINASIM, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan H. Khairunnas MH, dan para pejabat lainnya.

 

Menurut Menag, dana bantuan yang disalurkan berasal dari sumbangan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan berbagai unit lain di lingkungan Kementerian Agama RI.  “Kami menerima laporan langsung dari Bu Rektor tentang situasi UIN Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah. Makanya kita datang sekaligus menyerahkan bantuan yang dapat kami bantu. Saya berpesan ini dimanfaatkan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Menag menyempatkan diri meninjau situasi kampus UIN Jakarta yang ditutup sementara selama dua pekan. Selanjutnya, Menag meninjau fasilitas layanan dan kesiapan tim medis dalam menghadapi masyarakat yang berobat, termasuk melakukan dialog secara daring dengan tim medis RS.

“Kepada para dokter, perawat, dan tim medis lainnya, kami berpesan agar betul-betul menjaga kesehatan. Karena Anda semualah garda terdepan dalam mengatasi masalah ini,” pesannya.

 

Menanggapi kunjungan dan bantuan ini, Rektor mewakili sivitas menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan kepada RS Syarif Hidayatullah. Menurutnya, bantuan dan sinergi seluruh elemen amat diperlukan dalam menghadapi musibah nasional berupa sebaran virus COVID-19 yang telah menjadi pandemik global.

“Terima kasih kepada Pak Menag beserta pihak-pihak pemberi bantuan, baik BAZNAS, BWI, BPKH, dan lainnya yang ingin membantu menangani bencana nasional ini. Mudah-mudahan sivitas UIN Jakarta dan lingkungan tetap sehat semuanya,” harapnya.

Ditemui terpisah, Direktur RS Amir menuturkan, persebaran virus COVID-19 mendorong RS Syarif Hidayatullah untuk meningkatkan kesiagaan pelayananan. Mengingat sebarannya bersifat nasional, RS Syarif Hidayatullah seperti halnya berbagai rumah sakit lain di tanah air menghadapi problem ketersediaan Alat Pelindundung Diri (ADP) dan stok peralatan medis lainnya.

“Bagi kami, bantuan ini sangat bermanfaat. Dalam kondisi sekarang, dengan adanya Corona, semua rumah sakit kewalahan. Salahsatunya RS UIN ini. APD sudah mulai berkurang, cari barang tidak mudah. Alhamdulillah Kementerian Agama berikan sumbangan. Ini sangat bermanfaat, terutama alat-alat medis dan APD,” paparnya. (video:Adit/foto:Herman/Fasilitator: M. Iqbal/Teks:Zaenal Muttaqin)

 

Share This