Rektorat, BERITA UIN Online— Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korp Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) UIN Jakarta bekerjasama dengan UDD PMI Kota Tangerang, kembali akan menggelar kegiatan sosial rutin sebulan dua kali, berupa donor darah, yang akan dilaksanakan pada Selasa (10/09) dan Rabu (25/09), di Aula Student Center, kampus I UIN Jakarta.

Dari siaran pers yang diterima BERITA UIN Online, Jumat (06/09) tertulis, bahwa kegiatan sosial donor darah ini merupakan program kerja KSR yang harus terlaksana baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan instansi lain.

Masih dari sumber yang sama, bahwa target pendonor selama satu periode kepengurusan KSR PMI Unit UIN Jakarta 2019 yaitu sebanyak 1000 kantung darah, namun sampai saat ini baru terkumpul sedikitnya 344 kantung. Oleh karenanya, dalam kegiatan donor darah tersebut senantiasa menggandeng Unit Donor Darah (UDD) Kota Tangerang.

Salah satu pengurus KSR, Aulia, kepada BERITA UIN Online menjelaskan, bahwa syarat untuk bisa mendonorkan darahnya antara lain, usia 17-60 tahun, sehat, tidur cukup 5-6 jam, selama enam bulan terakhir tidak mendapat pengobatan atau operasi, tidak minum obat dalam tiga hari terakhir, berat badan minimal 45 kg, dan tidak sedang menstruasi bagi wanita.

“Kita semua mafhum, bahwa donor darah memiliki banyak manfaat, diantaranya mempercepat regenerasi sel darah merah yang ada di tubuh, mencegah kanker, mengetahui golongan dan tensi darah, serta memeriksa darah tanpa harus ke Rumah Sakit. Karena faktanya ternyata masih banyak orang-orang di luar sana yang masih membutuhkan sumbangan darah kita,” pukas Aulia.

Sebagai informasi, kegiatan yang akan dimulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB tersebut, telah membuka pendaftaran bagi yang berniat mendonorkan darahnya, dapat menghubungi Aulia di 0895339281275, atau menghubungi Humas KSR di 082122651316. Atau bisa langsung berkunjung ke secretariat KSR UIN Jakarta yang berada di Student Center. (lrf)

Share This