Gedung SPs, BERITA UIN Online – Masa Orientasi Studi (OS) mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta resmi ditutup, Rabu (27/2/2019) sore. Penutupan dilakukan oleh Ketua Program Doktor JM Muslimin dan Sekretaris Usep Abdul Matin di Auditorium SPs UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, JM Muslimin menyamoaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru yang telah menjalani masa orientasi selama tiga hari. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menambah cakrawala pemikiran serta wawasan mengenai budaya akademik dan sikap ilmiah di kampus SPs UIN Jakarta.

JM Muslimin juga mendorong mahasiswa baru agar lebih giat belajar dan menggali pemikiran keislaman secara mendalam. Selain itu mahasiswa juga diminta bersikap kritis dan solutif terhadap pemikiran keislaman yang berkembang, baik pada masa klasik maupun kontemporer.

“Saya berharap mahasiswa juga mampu memunculkan pemikiran-pemikiran baru yang sesuai dengan perkembangan zaman serta mampu dikontribusikan bagi beragam persoalan yang dihadapi masyarakat di era global,” katanya.

Kegiatan OS bagi mahasiswa baru program perkuliahan semester genap tahun akademik 2019/2020 itu digelar selama dua hari pada 25-27 Februari 2019. OS diikuti oleh 69 peserta, terdiri atas mahasiswa program magister (S2) sebanyak 42 orang dan program doktor (S3) sebanyak 27 orang.

OS dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Zulkifli dan diisi dengan beragam materi, seperti pengenalan akademik dan kelembagaan, penulisan karya ilmiah, penyusunan abstrak proposal tesis/disertasi, serta informasi yang terkait dengan masalah teknis akademis.

Materi lain adalah pengenalan teknis Academic Information System (AIS) dan praktik akses jurnal berbahasa Inggris. Sebagai materi tambahan, peserta kemudian diajak untuk praktik mengakses jurnal berbahasa Arab di perpustakaan serta kunjungan ke lembaga atau sarana penunjang lain, seperti ruang pelayanan administrasi dan Quiet Room (ruang belajar personal).

Perkuliahan mahasiswa baru semester genap akan dimulai pada 4 Maret 2019 mendatang bersama mahasiswa lama. Sementara Kamis (28/2/2019) besok akan digelar rapat dosen. (ns)

Share This