Oki Setiana Dewi.

Gedung SPS, BERITA UIN Online – Praktisi dakwah dan artis film Oki Setiana Dewi akhir menyandang gelar doktor setelah mengikuti Sidang Promosi Doktor di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Pemeran Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih itu memperoleh yudisium Kumlaude dengan nilai rata-rata 92 saat mempertahankan disertasinya berjudul  Pengajian Selebriti Hijrah Kelas Menengah Muslim (2000-2019): Respons atas Dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh di depan enam  guru besar yang mengujinya. Tim penguji adalah Ridwan Lubis, Masykuri Abdillah, Jamhari, dan Asep Saepudin Jahar serta dua tim promotor, yakni Azyumardi Azra dan Andi Faisal Bakti.

Oki mengaku bahagia dirinya telah lulus setelah empat tahun menempuh pendidikan di SPs UIN Jakarta pada Program Studi Pengkajian Islam Konsentrasi Dakwah dan Komunikasi. Kebahagiaan juga dialami oleh orang tua Oki yang hadir saat promosi serta adik-adiknya, seperti Ria Ricis, yang juga seorang artis.

Alhamdulillah, saya hari ini telah menyelesaikan studi dengan baik. Semoga ilmu saya bermanfaat untuk semuanya. Amin,” ucap ibu yang sudah dikaruniai tiga anak dan kini sedang menanti kelahiran anak keempatnya itu.

Oki dalam disertasinya mengatakan, dalam dakwahnya, pendakwah Salafi menggunakan pendekatan pendidikan dakwah di kalangan selebritas hijrah melalui pengajian kelompok dan dengan diktat yang jelas. Pendidikan difokuskan kepada tauhid, adab, fikih, dan sejarah. Sedangkan Jamaah Tabligh menggunakan metode khuruj (keluar) tiga hari, 40 hari, atau empat bulan.

Dakwah Jamaah Tabligh juga lebih fokus pada mengajak orang beribadah di masjid daripada memberikan pengetahuan keislaman secara sistematis kepada para anggotanya.

Respons selebritas hijrah terhadap dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh beragam, yakni dominan-hegemoni, negosiasi, dan oposisi. Namun, dari ketiga bentuk respons tersebut yang paling banyak ditemukan adalah negosiasi.

“Pada umumnya, para selebritas menerima bentuk Islam Salafi dan Jamaah Tabligh, kecuali beberapa ajaran yang dinilai kurang relevan dengan kehidupan mereka (para selebritas, Red),” kata wanita kelahiran Batam, Kepulauan Riau, 13 Januari 1989, itu.

Oki Setiana Dewi selain dikenal sebagai pendakwah, juga seorang artis film dan penulis buku. Ia di antaranya pernah memerankan tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Sedangkan buku yang pernah ditulisnya, antara lain, Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi (2011), Cahaya di Atas Cahaya: Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi (2012), Hijab I’am in Love (2013), dan Dekapan Kematian (2013).Oki juga sempat bermain di beberapa FTV sebelum akhirnya memutuskan untuk berjilbab pada tahun 2005.

Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia pada Fakultas Ilmu Budaya (2012). Kemudian ia melanjutkan S2 pada kajian Pendidikan Anak Usia Dini di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (2016). (ns)

Foto-foto: Hermanuddin

Share This