Auditorium, BERITA UIN Online – Resimen Mahasiswa (Menwa) Wiradharma UIN Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Kirab Pemuda 2018 tingkat Kota Tangerang Selatan, Banten, di Auditorium Harun Nasution, Rabu (7/11/2018). Acara bertajuk “Kontribusi Pemuda untuk Negeri dalam Kebhinekaan” itu dihadiri Staf Ahli Kemenpora Zaenul Muhaimin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Yusron Razak, Dandim Kota Tangsel, dan staf khusus dari Pemerintah Kota Tangsel.

Kirab Pemuda 2018 diikuti oleh berbagai kalangan pelajar, Pramuka, Menwa, mahasiswa serta berbagai elemen masyarakat lain di kota Tangsel. Hadir pula bintang tamu artis layar lebar Cholidi Asadil Alam, pemeran tokoh Azzam dalam film Ketika Cinta Bertasbih.

Acara Kirab Pemuda berlangsung meriah. Sejumlah kesenian tradisional ditampilkan, antara lain tari anggrek khas kota Tangsel dan tari minang. Selain itu, ada pula musik akustik yang ditampilkan para mahasiswa dari Pojok Seni Tarbiyah (Postar) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Staf Kemenpora Zaenul Muhaimin dalam kata sambutannya menyatakan sangat mengapreasi atas kiprah para pemuda yang mendedikasikan diri kepada bangsa dan negara. Ia berpesan para pemuda harus memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan nasional di berbagai bidang.

Pemuda juga diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Bersatu dalam kebhinekaan dan bhineka dalam persatuan. “Pemuda harus menjadi pelopor dan penggerak pembangunan,” katanya.

Pada akhir kirab, peserta menggelar aksi deklarasi bersama untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, khsusunya di kalangan para pemuda Indonesia. Aksi deklarasi juga dilakukan guna menunjukkan bahwa pemuda Indonesia siap menghadapi tantangan di masa kini dan mendatang.

Kirab Pemuda 2018 bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan makna Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu guna mempromosikan kreativitas pemuda sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan potensi pemuda serta mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait. (ns)

Share This