Auditorium, BERITA UIN Online – Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan menysumbang uang sebesar Rp 100 juta kepada UIN Jakarta. Bantuan tersebut diberikan guna menunjang program pembangunan desa di lokasi kuliah kerja nyata (KKN).

Acara penyerahan bantuan dilakukan oleh Mensos saat melepas 3.600 peserta KKN di Auditorium Harun Nasution, Senin (22/7/2019). Mensos mengatakan, sumbangan dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu diharapkan dapat membantu kegiatan KKN dalam rangka membangun desa.

“Bantuannya tidak seberapa, tetapi saya berharap dapat bermanfaat bagi pelaksanaan kegiatan KKN di desa-desa yang menjadi tujuan pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Bantuan Mensos diterima oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. Ia menyataan berterima kasih atas perhatian Kemensos terhadap kegiatan KKN mahasiswa UIN Jakarta.

Menurut Rektor, sebenarnya banyak desa yang masih membutuhkan bantuan. Namun, sumbangan dari Kemensos diharapkan akan menjadi stimulan bagi desa untuk lebih mandiri.

“Yang saya tahu Kemensos sudah beberapa kali memberikan bantuan dalam program kegiatan KKN. Karena itu kami sangat berterima kasih,” ujarnya singkat.

Selain menyerahkan bantuan, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita juga sempat memberikan kuliah umum bertajuk “Memperkuat Ketahanan Desa dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”.

Acara pelepasan peserta KKN dihadiri Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Wakil Rektor Bidang Akademik Zulkifli, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Khaeruddin, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Jajang Jahroni, dan Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Kamarusdiana. Hadir pula sejumlah staf ahli Kemensos dan perwakilan Pemeritah Kota Tangerang Selatan.

KKN UIN Jakarta tahun 2019 diikuti oleh sedikitnya 3.600 peserta. Lokasi KKN disebar di 200 desa di dua wilayah, yaitu Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan Kabupaten Tangerang, Banten. Peserta KKN tersebut diterjunkan ke desa mulai 23 Juli 2019 sampai 23 Agustus 2019. (ns)

Share This