Auditorium, BERITA UIN Online – Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi dijadwalkan akan memberikan Orasi Ilmiah pada acara Wisuda Sarjana ke-111 UIN Jakarta di Auditorium Harun Nasution, Ahad (24/2/2019) mendatang. Menlu di antaranya akan berbicara mengenai moderasi beragama serta kebijakan politik luar negeri Indonesia.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis kepada BERITA UIN Online, Kamis (21/2/2019). Rektor saat itu didampingi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Khoiruddin, Kepala Bagian Umum Encep Dimyati, dan Kepala Bagian Akademik Edy Suandi.

“Insya Allah Ibu Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) akan hadir dan memberikan orasi ilmiah pada wisuda sarjana nanti,” katanya.

Menurut Rektor, Menlu Retno sangat antusias untuk hadir. Selain belum pernah ke kampus UIN Jakarta, Menlu juga akan menyampaikan materi ceramah mengenai peningkatan moderasi beragama yang menjadi “misi baru” UIN Jakarta.

“Ceramah Menlu Retno sesuai dengan misi UIN Jakarta dan tema wisuda kali ini, yakni menjadi kiblat moderasi beragama dunia,” jelas Rektor.

Rektor mengatakan, kehadiran Menlu Retno bagi UIN Jakarta sangat strategis dan positif. Hal itu sesuai dengan misi yang diemban UIN Jakarta, yakni mengembangkan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan. Misi lainnya adalah menjadi kiblat moderasi beragama sebagaimana yang juga menjadi misi Kementerian Agama kini dan di masa mendatang.

Menurut jadwal, Menlu Retno akan menyampaikan orasi ilmiah sekitar pukul 09.00 WIB. Ia akan disambut langsung Rektor Amany Lubis di Auditorium Harun Nasution.

Acara Wisuda Sarjana ke-111 tahun akademik 2018/2019 diikuti oleh 1.141 peserta dari program S1, S2, dan S3. Mereka berasal dari 12 fakultas dan sekolah pascasarjana. Wisuda digelar selama dua hari pada 23-24 Februari 2019. (ns)

Share This