Ruang Sidang Utama, BERITA UIN Online – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan menyampaikan orasi kebangsaan di depan ribuan mahasiswa baru UIN Jakarta pada 27 Agustus mendatang. Mendagri akan berorasi pada acara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang digelar di lapangan kampus.

Demikian diutarakan Ketua Panitia PBAK 2018 Zaenal Arifin saat memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan PBAK di Ruang Sidang Utama gedung Rektorat, Selasa (21/8/2018). Selain Mendagri, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Romahurmuziy alias Romi juga dijadwalkan akan hadir pada penutupan acara PBAK.

“Insya Allah pembukaan akan dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo dan sekaligus menyampaikan orasi kebangsaan. Sedangkan Pak Romi akan hadir pada upacara penutupan,” katanya.

Pelaksanaan PBAK bagi mahasiswa baru program S1 akan digelar pada 27-30 Agustus 2018 mendatang. PBAK bertema “Mengembangkan Nilai-nilai Keislaman, Keilmuan, dan Keindonesiaan dalam Membentuk Cendekiawan Muslim Moderat” itu diikuti oleh sekitar 7.500 mahasiswa dari 12 fakultas. Sebelum pembukaan, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti upacara gladi resik yang digelar pada 24 Agustus 2018 pukul 07.00 di lapangan kampus.

Dalam rapat koordinasi PBAK, panitia penyelenggara akan memberikan pelayanan seoptimal mungkin kepada seluruh peserta dan panitia pelaksana. Pelayanan di antaranya terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana, keamanan, kesehatan, serta kebersihan.

“Air dan toilet harus tersedia. Listrik juga diupayakan tidak padam, sehingga tidak mengganggu acara PBAK,” kata Zaenal yang juga Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama itu.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan Yusron Razak dalam pengarahannya mengingatkan agar pelaksanaan PBAK tahun ini dapat berjalan dengan baik dan tertib. Selain seluruh rangkaian acara harus terlaksana, sarana dan prasarana juga disiapkan sehingga tidak ada masalah di lapangan.

“Semua panitia harus bekerja ekstra, baik penyelenggara maupun pelaksana. Apalagi jumlah peserta PBAK tahun ini cukup besar. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Rapat persiapan PBAK dihadiri Kepala Bagian Kemahasiswaan Ummu Baroat, Kepala Bagian Akademik Edy Suandi, Kepala Bagian Keuangan Siti Sugiarti, dan Kepala Bagian Umum Encep Dimyati. (ns)

Share This