Serpong, BERITA UIN Online—Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi acara International Islamic Education EXPO (IIEE) 2017.  Kegiatan yang melibatkan 100 sekolah dan PTI tersebut bertempat di Hall Nusantara  Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang. Pembukaan IIEE yang digelar kali pertama ini ditandai pemukulan bedug oleh Menag Lukman didampingi Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Dijadwalkan, acara ini akan berlangsung selama  empat hari, Selasa-Jumat (21-24/11).  Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengapresiasi dan mengatakan, bahwa gelaran IIEE yang menjadi ajang promosi sekaligus berhimpunnya seluruh pemangku kepentingan khususnya pengelola pendidikan Islam di Tanah Air ini patut disyukuri.

“Ini pertama kalinya digelar dan saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan IIEE 2017.  Semoga IIEE pada malam ini berjalan lancar serta mendapat berkah dari Allah,” tandasnya.

Masih menurut Menag, forum IIEE  dapat dimanfaatkan pemangku kepentingan untuk berbagi pengalaman dan saling menegaskan komitmen dalam mewujudkan pendidikan Islam berkualitas di Indonesia.

Kamaruddin Amir dalam laporannya menyebutkan, IIEE menjadi momen bersejarah dalam perjalanan pendidikan Islam di Indonesia dan dunia. “Ada beberapa alasan mengapa penting digelar, salah satunya masyarakat Islam dunia mendambakan adanya pendidikan Islam yang damai seperti yang terpatri di Indonesia.  Pendidikan Islam Indonesia memang layak dan pantas dijadikan destinasi pendidikan Islam dunia,” ujar Kamaruddin.

Dari pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, usai acara pembukaan, Menag bersama rombangan meninjau lokasi IIEE 2017. Sejumlah rangkaian acara turut menyemarakan pembukaan IIEE 2017, di antaranya, Deklarasi Serpong, serta penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada para santri, pelajar, dan mahasiswa.

Sebagai informasi, pembukaan IIEE diawali pagelaran seni tari dari Sanggar Seni Seulaweut Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yang tampil secara apik dan mendapat tepuk tangan meriah dari ribuan undangan yang memadati Hall Nusantara.

Acara kemudian dilanjutkan penampilan oerchestra gabungan siswa-siswi MAN dari berbagai daerah seperti  Serpong dan Yogyakarta. Mereka menampilkan pagelaran dengan mengusung judul Negeri Lima Cahaya. Kemudian, acara yang dipandu Ali Zainal (Bahasa Indonesia),  Dr Like Raskova Octaberlina (English), dan Rizal Mahfuzho (Arab) ini, terus berlangsung dan dipadati pengunjung hingga pukul 23.00 WIB. (lrf/kemenag.go.id)

Share This