INDRAMAYU, BERITA UIN Online– Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pendidikan Sosial (Prodi TIPS) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta melaksanakan studi lapangan di wilayah pesisir utara Kabupaten Indramayu sebagaimana dilansir dari radarindramayu.id, Selasa (5/11/2019).

Difasilitasi Yayasan Estuari Indramayu, lokasi yang dituju yakni di Desa Pabean Ilir dan Desa Cemara Kecamatan Cantigi. Di dua tempat itu, mereka melaksanakan pengenalan ekosistem sekaligus rehabilitasi mangrove bersama masyarakat setempat yang berlangsung Jumat-Minggu (1-3/11/2019).

Ketua Pengurus Yayasan Estuari Indramayu, Dirwanto SE merespon positif kegiatan studi lapangan mahasiswa TIPS atas sikap peduli lingkungan dan partisipasi dalam kegiatan konservasi mangrove.

“Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara kontinyu sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” harapnya.

Senada disampaikan Tanuri, tokoh masyarakat Desa Cemara. Melalui kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa itu diharapakan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kondisi desa yang dikunjungi.

“Terutama dalam pengingkatan kondisi sosial ekonomi terlebih dapat memperkenalkan potensi Desa Cemara dan Pabean Ilir,” katanya.

Sementara itu, Nova salah seorang peserta mengaku, sangat gembira mengikuti studi lapangan.

“Lewat kegiatan ini sebagai bentuk implementasi untuk membandingkan teori yang didapatkan di bangku perkulihan dengan kondisi nyata di lapangan,” katanya. (lrf/mf/kho/rls)

Share This