Thailand, BERITA UIN Online— Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta, Ulfah Khoiriyah, baru saja mengikuti kegiatan Indonesian Youth Teacher Exchange Program (IYTEP) IV di Malaysia dan Thailand.

Kegiatan yang berlangsung sejak 17 Februari hingga 04 Maret 2019 tersebut, diisi dengan kegiatan mengajar di sekolah juga kegiatan sosial dengan masyarakat di provinsi Yala, Thailand Selatan.

Tidak haya Ulfah, ada tujuh temannya lagi yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka mengajar di sebuah sekolah yang bernama Sekolah Ban Talo Halo. Dengan berbagai macam latar bidang pendidikan, mereka juga mengajar di bidang yang berbeda. Adapun Ulfah mengajar Bahasa Arab di sekolah tersebut.

“Kali ini, mengajarnya penuh tantangan. Mengajar Bahasa Arab yang harus diterjemahkan kedalam bahasa Siam atau bahasa asli Thailand. Karena tidak semua siswa di dalam kelas mengerti bahasa Melayu,” ungkap Ulfah saat ditemui BERITA UIN Online, Selasa (02/04), di gedung FDI UIN Jakarta.

Selain mengajar, sambung Ulfah, saat itu sekolah sedang mengadakan acara Out Bound Camp atau sejenis dengan kegiatan Pramuka jika di Indonesia, Ulfah bersama teman-temannya turut serta dalam kegiatan tersebut. Selain itu, Ulfah juga mengajar al-Qur’an kepada anak-anak yang tinggal di asrama yang disediakan oleh sekolah setelah selesai sholat maghrib dan subuh.

Sebuah keberuntungan bagi Ulfah dan teman-temannya, karena selama di Yala, dirinya berkesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata, ajakan dari salah seorang guru di sekolah tersebut.

Sekedar informasi, di tahun sebelumnya, dua mahasiswa FDI yaitu Difa dan Afdal juga sukses ikut serta dalam program IYTEP di negara yang sama.

Di tempat terpisah, Dekan FDI Syairozi Dimyathi mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap, semoga ke depannya para mahasiswa FDI bisa lebih banyak lagi yang bisa ikut berpartisipasi kegiatan pengabdian semacam ini baik tingkat nasional maupun intenasional. (lrf/as).

Share This