Ciputat, BERITA UIN Online—Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta berhasil menyabet juara dalam kompetisi karya tulis sastra. Perlombaan yang dilaksanakan pada, Sabtu (29/09) tersebut, diikuti sedikitnya 134 peserta dari kedua lomba tersebut dan berasal dari berbagai perguruan tinggi.

Muhammad Rifki mahasiswa S1 FDI Semester tiga berhasil memborong dua raihan prestasi di perhelatan tersebut, yaitu lomba karya tulis cerpen dan puisi. Bagi Rifki, ini kali ketiga dirinya berhasil keluar menjadi juara, di mana sebelumnya, dirinya berhasil menjadi juara pada penulisan nahkah lakon di Universitas Indonesia (UI) Depok.

Selain itu, dirinya berhasil pula menjadi juara satu pada Cipta Cerpen serta juara ketiga Cipta Puisi pada perlombaan yang diselenggarakan Forum Lingkar Pena (FLP) bekerjasama dengan  Keluaraga Pencinta Sastra (KPS) Cabang Ciputat. Kejuaraan tersebut, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Puisi Indonesia (HPI) Jilid II.

Dalam kompetisi tersebut, Rifki menulis Cerpen berjudul “Perjanjian Hidup” dan menulis Puisi berjudul “Kita tak ubahnya Agustus”. Bagi Rifki sendiri, perlombaan karya sastra seperti ini bukanlah yang pertama ia ikuti. Karya-karyanya berupa cerpen dan puisi memang kerap memenangi lomba dan dimuat di media, di mana pada tahun sebelumnya ia juga sempat mewakili UIN Jakarta untuk hadir di acara Temu Penyair Asia Tenggara Padang Panjang 2018.

“Mahasiswa FDI memang tidak diragukan lagi kehebatannya dalam adu debat (Bahasa Arab). Tapi FDI bukan hanya itu, bahkan mahasiswa FDI juga mampu bersaing dalam ranah kesusastraan,” tandas Rifki saat ditemui tim BERITA UIN Online.

Di tempat berbeda, Dekan FDI Dr Hamka Hasan Lc MA kepada BERITA UIN Online mengaku bangga dan turut bahagia atas pencapaian tersebut. Dirinya berharap, prestasi yang sudah diraih terus dipertahankan bahkan dikembangkan untuk menjuarai perlombaan-perlombaan di kancah yang lebih luas. (lrf/mf & as).

Share This