Gedung FIDIKOM, BERITA UIN Online— Puluhan mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) UIN Jakarta, Kamis (25/4/2019). Kunjungan dilakukan sebagai bagian pendalaman mereka akan keilmuan dakwah dan komunikasi sekaligus menakar prospek profesi studi bidang keilmuan ini.

Kunjungan dipimpin langsung Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Dr. Mukti Ali M.Hum dengan didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Rasimin M.Pd. Kunjungan sendiri diterima Wakil Dekan Bidang Kerjasama FIDKOM UIN Jakarta Dr. Suhaimi M.Si didampingi Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Masran MA.

Dalam sambutannya, Mukti mengatakan, kunjungan ke FIDKOM UIN Jakarta merupakan program rutin yang dilakukan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa akan keilmuan komunikasi dan dakwah yang dinamis. “Selain pembelajaran di kelas, kami juga melakukan pembelajaran di luar kelas agar mereka melihat sejauhmana perkembangan keilmuan dakwah dan komunikasi,” ujarnya.

Selain FIDKOM UIN Jakarta, mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga juga melakukan kunjungan ke sejumlah fakultas dakwah dan komunikasi beberapa perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan media. FIDKOM UIN Jakarta sendiri, lanjutnya, dipilih sebagai salah satu tujuan kunjungan studi karena eksistensinya sebagai salah satu fakultas dakwah dan komunikasi terbaik di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Sementara itu, Suhaimi menuturkan, pengembangan fasilitas pembelajaran dan dukungan para dosen pengampu mata kuliah di fakultas menjadi faktor penting dalam mendorong pembelajaran di lingkungan FIDKOM UIN Jakarta. Selain itu, kegiatan praktikum di laboratorium dan lapangan menjadi nilai tambah pembelajaran mahasiswa.

“Untuk kegiatan di luar kelas, misalnya, kami mengembangkan komunitas radio dan tv. Di sini, mahasiswa diajar langsung tentang proses teknik produksi di belakang penyampaian informasi,” tambahnya. (zae)

Share This