Bangkok, BERITA UIN Online— Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta berhasil menyabet penghargaan sebagai The Best Deelgate Asia Youth International Model United Nation (MUN) yang berlangsung pada, Sabtu-Selasa (3-6/11), bertempat di Prince Palace Hotel Bangkok, Thailand.

Mahasiswa FAH yang berhasil memperoleh penghargaan tersebut adalah Fahmi Umar. Kepada tim BERITA UIN Online, Fahmi mengungkapkan alasan dirinya mengikuti perhelatan bergensi tersebut. Dikatakannya, bahwa dirinya ingin mengembangkan kemampuan diri dalam bidang public speaking dan melatih bahasa Inggris yang menurutnya sangat penting saat ini.

“Saya ingin membuktikan bahwa di acara MUN sendiri tidak diharuskan dari latar belakang yang sesuai, tidak memungkinkan jurusan lain tidak bisa mengikuti acara ini,”pukas Fahmi.

Ditambahkannya, bahwa dalam simulasi sidang Asia Youth International Model United Nation (MUN), peserta dilatih memainkan peran sebagai Diplommat dari berbagai negara yang di representasikan, Fahmi pun mengikuti setiap alur kegiatan tersebut.

“Salah satunya saya terpilih menjadi delegasi dari Republik Ceko. Sebelum konferensi kita disuruh melakukan penelitian atau position paper, kita riset dulu mengenai negara kita terhadap isu tersebut,”jelasnya.

Atas perolehan tersebut, Fahmi merasa bersyukur dan bahagia. Dirinya bertekad untuk terus mengembangkan kemampuan diri dalam bidang tersebut dan akan mengikuti kompetisi-kompetisi yang lebih besar di tahun-tahun yang akan datang.

“Alhamdulillah, hasil jerih payah selama satu bulan untuk melakukan penelitian, pergi ke sana ke mari dengan pelatih, sampai hari acara simulasinya, menghasilkan sesuatu yang membanggakan bagi saya sendiri khususnya, FAH dan UIN Jakarta pada umumnya,” tandas Fahmi penuh syukur sekaligus mengakhiri pembicaraannya. (lrf/Novi)

Share This