Gd. FIDIKOM, BERITA UIN Online— Mengisi liburan semester ganjil, Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, UIN Jakarta melakukan Safari Dakwah ke Ngawi, Jawa Timur. Kegiatan Safari Dakwah yang rutin dilakukan mahasiswa Prodi BPI diagendakan berlangsung hingga akhir pekan pertama Februari mendatang.

Kegiatan Safari Dakwah sendiri ditandai dengan pelepasan peserta oleh Ketua Prodi BPI Rini Laili Prihatini M.Si di Ruang Teater, Gd. Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Sabtu (19/1/2019). Kegiatan pelepasan yang dihadiri puluhan mahasiswa peserta juga dihadiri sejumlah pimpinan fakultas dan Prodi BPI.

Dalam sambutan pelepasannya, Rini mengingatkan para mahasiswa peserta untuk melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya. Selain menjadi permulaan kegiatan praktikum makro di semester akhir, jelasnya, kegiatan safari dakwah juga menyediakan tantangan bagi mahasiswa dalam melakukan penyuluhan langsung kepada masyarakat.“Safari dakwah menjadi salah satu bentuk persiapan mahasiswa untuk menghadapi praktikum makro,” tambahnya.

Rini juga meminta para peserta untuk melakukan inovasi-inovasi program penyuluhan di dalamnya. Menurutnya, prinsip penyuluhan adalah bekerja bersama masyarakat dan bukan bekerja untuk. “Oleh karenanya, mahasiswa nantinya akan bekerja bersama masyarakat mengabdi tanpa pamrih menuju masyarakat yang lebih baik lagi,” tuturnya lagi.

Iin Sri Agisni, salah satu mahasiswi penyelenggara kegiatan menuturkan, kegiatan safari dakwah difokuskan pada empat bidang, yaitu keagamaan, pendidikan, sosial, dan kesehatan. Bidang keagamaan diisi dengan penyuluhan keislaman seperti pengajian majelis taklim dan membaca al-Quran.

Bidang pendidikan diisi dengan kegiatan belajar mengajar dengan para guru dan siswa sekolah. Bidang ini juga diisi dengan penyuluhan khusus bagi guru untuk memberikan pola asuh pendidikan kepada pelajar.

Adapun bidang sosial diisi dengan kegiatan home stay mahasiswa peserta di rumah-rumah warga dan gotong royong bersama warga di sekitar lokasi. Bidang kesehatan diisi dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, seminar penyuluhan kesehatan, dan donor darah bekerjasama dengan pusat layanan kesehatan masyarakat dan Palang Merah Indonesia setempat

“Jadi tidak berbeda jauh dengan kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa prodi lain, mahasiswa Prodi BPI melakukan safari dakwah. Murni dari mahasiswa dan kegiatannya lebih dominan ke bentuk penyuluhan agama,” tutupnya. (zae)

Share This