Pondok Cabe, BERITA UIN Online— Menjelang waktu ashar tiba, areal depan masjid dipenuhi anak-anak usia 4-10 tahun. Tak kurang dari 189 orang anak antusias mengikuti arahan para mentor dalam kegiatan Studi Islam Ramadhan (SIR) 2018 dengan tema Aku Bangga Jadi Anak Sholeh di Masjid Agung Al-Ikhlas Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (23/5).

Bekerjasama dengan Ikatan Remaja Masjid Agung Al-Ikhlas, Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (HMJ BPI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM), UIN Jakarta mengadakan kegitan SIR yang berlangsung selama 8 hari.

Ketua HMJ BPI Ufaira Nabila, menjelaskan kegiatan SIR dilakukan  mulai dari minggu, (20/5) – minggu, (27/5), menurutnya kegiatan ini merupakan program pengembangan baru HMJ BPI, dan akan menjadi kegiatan rutin HMJ BPI dalam menyambut  bulan suci ramadhan.

“Di tahun-tahun sebelumnya, bulan ramadhan kami biasa mengisinya dengan kegiatan buka, dan sahur bersama, dan untuk tahun ini kami mengadakan kegiatan semacam pesantren kilat tanpa menghilangkan kegiatan santunan, dan buka bersama yatim, piatu serta dhuafa,”ujarnya kepada BERITA UIN Online, Rabu (23/5).

Ufaira mengungkapkan kegiatan ini selain untuk mengisi waktu liburan, juga bertujuan memberikan motivasi serta pendidikan non formal kepada para peserta.

“Kami juga memberikan kegiatan penyuluhan narkoba yang mungkin jarang mereka dapatkan di bangku sekolah,”ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan SIR akan diisi beberapa rangkaian acara seperti, pawai, dan pentas seni SIR 2018, pokmaluh, penyuluhan anti narkoba, ayo membaca, kultum, dongeng, festival anak jujur, santunan, dan buka bersama,  training motivasi, serta mentoring dari mahasiswa dan remaja. Ia pun berharap kegiatan ini berjalan lancar tanpa adanya kendala.

“Dengan banyaknya agenda dalam kegiatan SIR tahun ini, semoga untuk beberapa hari kedepan semangat para peserta tetap terjaga sampai diakhir kegiatan,”harapnya.

Di tepi lain, Ketua Program Studi BPI UIN Jakarta, Dra. Rini Laili Prihatini M.S.i, memberikan apresiasi, dan dukungan penuh kepada HMJ BPI, karena menurutnya sudah seharusnya mengajarkan pola hidup sehat pada anak-anak usia dini, dan dengan adanya penyuluhan dari BNN diharapkan mereka terhindar dari pengaruh narkoba.

“Semoga ilmu yang didapat dari kegiatan SIR ini bermanfaat, dan bisa menjadikan adik-adik pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.”tutupnya. (farah nh/hasanah/zm)

Share This