Taman Kampus, BERITA UIN Online – Ribuan mahasiswa baru yang lulus di empat jalur penerimaan seleksi (SNMPTN, SNMPTN, UM PTKIN, SBMPTN) mulai melakukan pendaftaran masa Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Pendaftaran dilakukan di taman kampus melalui sejumlah stan fakultas dan program studi masing-masing atau sesuai program studi yang dipilih.

Pantauan BERITA UIN Online di taman kampus, Kamis (1/7/2019), massa mahasiswa baru tampak mulai memadati sejumlah stan yang digelar Dewan Mahasiswa Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Mereka mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan PBAK yang akan digelar pada 26-29 Agustus mendatang.

Sementara itu, bagi mahasiswa baru yang lulus di jalur SPMB Mandiri, pendaftaran PBAK mulai berlangsung sejak diumumkannya kelulusan pada 2 Agustus. Mahasiswa baru yang mendaftar PBAK di jalur ini di antaranya yang telah memperoleh nominal biaya kuliah melalui sistem uang kuliah tunggal (UKT).

Ketentuannya, jika calon mahasiswa sudah dinyatakan lulus dan tidak mengikuti proses UKT, mahasiswa yang bersangkutan langsung membayar UKT ke bank serta melakukan pemberkasan daftar ulang. Setelah memperoleh nomor induk mahasiswa (NIM) di bagian registrasi akademik, mahasiswa bisa langsung mendaftar PBAK.

Ketentuan yang sama untuk mendaftar PBAK juga berlaku jika seluruh mahasiswa sudah memperoleh NIM atau terdaftar resmi di bagian akademik.

Sesuai jadwal, masa pendaftaran PBAK akan berakhir pada 23 Agustus atau setelah berakhirnya masa pembuatan (generate) NIM pada 22 Agustus.

PBAK merupakan masa orientasi mahasiswa baru yang berlaku di seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di Indonesia. Kegiatan PBAK akan mengenalkan kepada mahasiwa baru mengenai budaya dan tradisi akademik serta kegiatan kemahasiswaan di UIN Jakarta.

Pembukaan PBAK, menurut rencana, akan digelar di lapangan utama kampus UIN Jakarta. PBAK akan diikuti oleh sekira 7.000 mahasiswa baru serta diselenggarakan secara terpadu yang melibatkan unsur pimpinan universitas dan fakultas serta lembaga-lembaga kemahasiswaan di UIN Jakarta. (ns)

Share This