Gedung FITK, BERITA UIN Online – Program Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menerima mahasiswa baru untuk program perkuliahan tahun akademik 2019/2020. Program tersebut dibuka untuk semua lulusan sarjana S1 dari perguruan tinggi terakreditasi.

Demikian dikemukakan KetuaProgram MPAI Sapiudin Shidiq kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Rabu (6/2/2019). “Program MPAI bersifat reguler dan monodisipin serta terakreditasi B,” katanya.

Program MPAI bertujuan untuk mencetak sarjana magister yang unggul dan profesional dalam pengembangan serta penyebarluasan bidang keilmuan PAI berbasis nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Sementara lulusannya dapat bekerja di berbagai lapangan profesi, seperti sebagai dosen di perguruan tinggi, pakar pendidikan, konsultan pendidikan agama Islam, peneliti pendidikan, dan pengelola lembaga pendidikan.

“Gelar lulusan MPAI adalah Magister Pendidikan atau MPd,” ujar Sapiudin.

Sapiudin mengatakan, pendaftaran Proram MPAI dibuka mulai 25 Januari hingga 12 Juli 2019. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman spmb.uinjkt.ac.id. Sedangkan seleksi akan dilakukan pada 30-31 Juli 2019 dengan materi meliputi  tes TOEFL,  TOAFL, Tes Potensi Akademik, dan Wawancara Proposal Tesis.

Dia menambahkan, perkuliahan di Program MPAI ditempuh selama empat semester atau dua tahun dengan 44 sistem kredit semester (SKS). Waktu perkuliahan dilakukan pada sore dan malam hari mulai pukul 16.00 hingga 21.30 WIB.

“Insya Allah, untuk perkuliahannya akan dimulai pada awal September 2019 mendatang,” jelasnya. (ns)

 

Share This