Gedung FITK, BERITA UIN Online – Program Studi Manajemen Pendidikan Islam pada Program Magister (Magister MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Magister MPI terakreditasi untuk pertama kalinya sejak program itu dibuka tahun 2015.

Ketua Program Magister Jejen Musfah menyatakan rasa syukur dan bangga atas diperolehnya prestasi Magister MPI yang terakreditasi B dengan nilai 302. Prestasi itu diraih setelah selama sekitar satu tahun dirinya dan tim menyiapkan proses persiapan akreditasi hingga dilaksanakannya visitasi oleh tim asesor dari BAN-PT.

Alhamdulillah, setelah menanti sekian lama, hasil akreditasi Prodi MPI Program Magister akhirnya keluar dengan nilai memuaskan,” kata Jejen kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Kamis (8/11/2018). Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khsususnya kepada tim teknis penyusunan borong, seperti Dede Munandar dan Hudayatus Syarifah.

Menurut Jejen, proses persiapan akreditasi Magister MPI untuk pertama kalinya disiapkan oleh tim selama hampir satu tahun. Setelah semua data lengkap dan diajukan ke BAN-PT, tim asesor yang terdiri atas Prof Nazir dari Universitas Islam Negeri Riau dan Prof Rusdinal dari Universitas Negeri Padang melalukan visitasi pada 14-16 Oktober 2018.

Selang beberapa lama setelah visitasi, hasil akreditasi pun keluar dengan nilai baik dan memperoleh Sertifikat Akreditasi berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 2898/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2018 tertanggal 23 Oktober 2018. Masa akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun terhitung sejak 23 Oktober 2018 hingga 23 Oktober 2023.

Prodi Magister MPI berdiri berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 4504 Tahun 2015. Magister MPI menjadi prodi keempat di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta setelah sebelumnya dibuka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (2010), Pendidikan Bahasa Arab (2012), dan Pendidikan Agama Islam (2012).

Pembukaan Magister MPI bertujuan guna menghasilkan sarjana Magister MPI yang memiliki pemahaman dan wawasan komprehensif, mempunyai keahlian dalam manajemen pendidikan, kesadaran ilmiah tinggi dan terbuka, serta responsif terhadap perubahan sosial dan berakhlak mulia.

“Gelar lulusan Magister MPI adalah Magister Pendidikan atau MPd,” ujar Jejen. (ns)

Share This