Teater FAH,  BERITA UIN Online – LSO Public Speaking Club FAH UIN Jakarta menggelar Workshop Public Speaking dengan tema Why Always Public Speaking, Komunikasi Yang Baik Menghasilkan Respon Yang Baik Pula, pada Jumat (13/10), bertempat di Teater lantai 5 FAH UIN Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Jurusan BSA FAH UIN Jakarta, Ketua Lembaga Kemahasiswaan se Fakultas Adab dan Humaniora, Ketua Public Speaking Club FAH UIN Jakarta, M Ridwan, Motivator serta Tri Sutruisno SS, serta mahasiswa FAH UIN Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan, untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam public speaking mahasiswa baru Fakultas Adab dan Humaniora.

Dalam penjelasannya, Sutrisno mengatakan bahwa Public Speaking merupakan komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya.

“Public Speaking juga diartikan sebagai pembicaraan publik yang maksudnya berbicara di depan orang banyak juga. Banyak orang takut public speaking dengan ragam alasan: suka merasa gugup, grogi, merasa tidak bisa, tidak biasa, takut salah ucap, takut “nge-blank“, dan sebagainya,” paparnya.

Di tempat sama, Ridwan mengatakan, teknik dasar public speaking adalah mengatasi gugup dan gerogi dalam berbicara, teknik pernapasan, teknik vokal, persiapan, teknik membuka, menyampaikan, dan menutup.

“Gugup disebabkan dua hal: tidak biasa dan tidak menguasai materi. agar terbiasa, perbanyak latihan, agar menguasai materi, banyakin baca dan data. Dijamin, jika terbiasa dan menguasai materi, insya Allah tidak akan gugup,” ungkapnya. (lrf/sf)

Share This