Jakarta, BERITA UIN Online— Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Jakarta menggelar workshop Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 9 kriteria, Kamis (11/07), bertempat di ruang pertemuan Karumba, Hotel Mercure, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Hadir sekaligus membuka acara tersebut, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Kepala LPM Asep Saefudin Jahar, Direktur dan Wakil Direktur Kopertais Wilayah I, Direktur SPs, para Dekan, Wakil Dekan, Kepala dan Sekretaris Program Studi, para undangan, serta segenap sivitas akademika UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, rektor menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut, dirinya berharap dengan terobosan baru yaitu adanya sembilan kriteria akreditasi mampu mendongkrak percepatan dan kualitas akreditasi di lingkungan kampus UIN Jakarta.

“Posisi Perguruan Tinggi dan program studi dalam sistem akreditasi baru sangat strategis sekaligus menantang. Karena itu, kedua komponen tersebut harus mampu untuk saling menguatkan,” pukas rektor.

Dengan sembilan kriteria yang dimaksud, sambung rektor, diharapkan mampu menerapkan tata nilai dan etos kerja bagi semua komunitas kampus. Oleh karena itu, setiap komponen di lingkungan UIN Jakarta agar membangun rencana strategi yang jelas, terukur dan visioner.

“Perguruan Tinggi dan Program Studi harus mengarah pada kinerja, mengembangkan ilmu, berkontribusi pada masyarakat dan bidang ilmunya. Karena kita sadari bersama bahwa meningkatkan reputasi perguruan tinggi dan program studi merupakan tanggung jawab kita bersama,” tandas rektor.

Di tempat yang sama, Kepala LPM UIN Jakarta Asep Saefudin Jahar menegaskan, bahwa sembilan kriteria akreditasi yang disosialisasikan tersebut, tiada lain untuk meningkatkan kualitas prodi sekaligus lembaga UIN Jakarta.

“APS model baru ini berbasis output untuk semua komponen. Substansi setiap standar mengarah pada luaran (hasil) serta kontribusinya pada Lembaga, masyrakat, dan keilmuan. Karena itu, visi misi, tujuan, dan strategi menjadi bagian utama memayungi kriteria lainnya. Maka perlu dirumuskan dengan matang kriteria-kriteria tata pamong, mahasiswa, SDM, sarana dan keuangan, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta luaran dan capaian Tridharma sangat menentukan kualitas program studi,” jelas  Asep.

Di akhir sambutannya, Asep berharap kriteria-kriteria yang dimaksud akan memberikan iklim baru yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi perkembangan keilmuan di lingkungan UIN Jakarta.

Sebagai informasi, acara yang dijadwalkan berakhir pukul 15.00 wib tersebut, diikuti peserta sedikitnya 100 orang, serta berjalan lancar dan khidmat. (lrf/hmn/aw)

Share This