Ciputat, BERITA UIN Online— Lingkar Studi Ekonomi Syariah (LiSEnSi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta berhasil meraih kejuaraan dari sejumlah perlombaan yang digelar dalam Temu Ilmiah Regional Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) wilayah Jadebotabek 2019. Keberhasilan ini diharap memacu semangat para mahasiswa pegiat ekonomi syariah UIN Jakarta untuk meningkatkan prestasinya.

Demikian diungkapkan Dekan FEB UIN Jakarta, Prof. Dr. Amilin kepada BERITA UIN Online di kantornya Gedung FEB, Kamis (4/4/2019). Menurutnya, prestasi ini diraih para mahasiswa pegiat LiSEnSi dalam Temu Ilmiah Regional FoSSEI yang digelar di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, 27-30 Maret lalu. “Alhamdulillah, para mahasiswa LiSEnSi mengawali tahun ini dengan prestasi membanggakan. Mudah-mudahan prestasinya terus meningkat lagi,” ungkapnya.

Prestasi yang berhasil diraih para mahasiswa pegiat lembaga semi otonom FEB UIN Jakarta ini adalah Juara Pertama Video Kreatif tentang keunggulan ekonomi Syariah. Para peserta delegasi berhasil memenangkan kompetisi setelah bertarung dengan puluhan video kreatif ekonomi syariah dari 32 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang hadir. “Lainnya, juara ketiga dalam lomba Debat Ekonoi Islam,” sambung dekan lagi.

Diketahui, dalam temu regional tersebut dilombakan enam cabang lomba. Keenamnya yaitu cabang karya tulis ekonomi Islam, olimpiade ekonomi Islam, Debat Ekonoi Islam, Kisah Inspiratif Muslimah, Video Kreatif, dan Desain Poster. Keenam cabang lomba ini diikuti 32 KSEI dari 32 perguruan tinggi nasional.

Selain perlombaan, temu ilmiah regional ini diisi dengan seminar dan diskusi tentang perkembangan ekonomi syarih belakangan ini. Salah satunya, seminar nasional bertema  “Optimization of Waqf and Sociopreneur in Developing Halal Industry in he Era 4.0”, Rabu (27/3/2019). Beberapa narasumber yang hadir seperti Ahmad Juwaini (Komite Nasional Keuangan Syariah/KNKS), Dr  Bambang Himawan (kepala Divisi Ekonomi dan Keuangan Syariah BI),  Riyanto Sofyan MBA (ketua Tim  Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata  RI), dan Irwan Abdalloh SE, MM (Ketua Divisi Pasar Modal Syariah BEI).

Lebih jauh, Amilin menambahkan, pihak fakultas juga akan kembali mengirim mahasiswa pegiat ekonomi Islam untuk ikut dalam Olimpiade Ekonomi Islam FoSSEI Nasional pada Jumat-Selasa, 12-16 April 2019. Temu Ilmiah Nasional ini rencananya akan dilaksanakan di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. “Pengiriman mahasiswa ke ajang tersebut merupakan ikhtiar kami mendorong mereka sebagai calon-calon praktisi dan ahli ekonomi syariah tangguh dari UIN Jakarta,” tandas Amilin lagi. (zae)

Share This