Uni Club, BERITA UIN Online—Kepala Bidang Kemahasiswaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Indonesia, Muhammad Ali As-Samairi melakukan kunjungan ke UIN Jakarta, Kamis (28/02). Kunjungan yang bertujuan membicarakan lebih lanjut perihal kerjasana pengembangan bahasa Arab antar kedua lembaga tersebut,berlangsung di ruang Uni Club kampus I UIN Jakarta.

Muhammad Ali, berserta beberapa mahasiswa LIPIA diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Jakarta Andi M Faisal Bakti, didampingi Dekan Fakultas  Dirasat Islamiyah (FDI) Hamka Hasan, serta beberapa staf dan sivitas akademika UIN Jakarta.

Andi Faisal Bakti dalam sambutannya mengatakan, bahwa inisiasi kerja sama ini merupakan hal positif. Mengingat, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang penting, terutama bagi umat Muslim.

“Bahasa Arab, merupakan bahasa yang tak kalah pentingnya dengan bahasa lain terutama bagi sivitas akademika UIN Jakarta khususnya, dan masyarakat Muslim pada umumnya. Mengingat, panduan hidup seorang muslim (al-Qur’an dan al-Hadis) menggunakan bahasa Arab, dan ibadah mahdah (Shalat) juga menggunakan bahasa Arab,” jelas Andi.

Dengan mampu dan mengerti bahasa Arab, sambung Andi, maka seorang Muslim akan memahami makna yang terkandung dalam al-Qur’an, sehingga perlahan akan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami atas nama pimpinan dan segenap sivitas akademika UIN Jakarta mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di kampus ini, juga kerjasama yang dalam waktu dekat ini segera terealisasikan. Semoga, kerja sama ini memberikan kontribusi bagi pengembangan bahasa Arab di UIN Jakarta khususnya,” pukas Andi sekaligus menutup sambutannya.

Di tempat yang sama, Muhammad Ali juga menegaskan akan pentingnya mengerti dan mampu berbahasa Arab. Pasalnya, selain sebagai bahasa Qur’ani, bahasa Arab juga merupakan salah satu pintu untuk mampu membaca kitab-kitab sumber ilmu yang tidak sedikit menggunakan bahasa Arab.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas sambutan serta apresiasi yang diberikan pihak UIN Jakarta. Selain pelatihan bahasa arab, kami juga menyediakan layanan konsultasi bahasa arab bagi sivitas akademika UIN Jakarta yang tengah menyelesaikan tugas akhir, tentunya yang berbahasa arab,” tandas Muhammad Ali. (lrf)

Share This