Kampus UIN, BERITA UIN Online – Dua hari sejak diberlakunnya surat edaran rektor terkait pencegahan wabah Covid-19, suasana kampus UIN Jakarta tampak sepi dengan aktivitas mahasiswa. Semua gedung perkuliahan nyaris seperti tak berpenghuni. Para pegawai di lini layanan yang biasanya sibuk, dua hari ini pun tidak seperti hari-hari sebelumnya.

“Hari ini lebih santai karena tidak ada perkuliahan,” ujar salah satu pegawai di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang enggan disebutkan namanya.

Pantauan BERITA UIN Online di lapangan, sepinya aktivitas mahasiswa tak hanya di gedung-gedung perkuliahan. Di gedung layanan akademik yang biasanya juga ramai, hari ini hampir tak ada satu pun mahasiswa berkunjung. Hal yang sama juga terlihat di perpustakaan. Ruangan baca sepi dan hanya satu-dua mahasiswa yang sedang mencari buku.

Di jalanan utama kampus UIN Jakarta yang sering ramai, hari ini juga hanya terlihat beberapa mahasiswa yang berlalu lalang. Padahal di kawasan ini, selain pegawai, biasanya banyak motor mahasiswa diparkir berjajar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rektor UIN Jakarta telah mengeluarkan surat edaran berupa upaya pencegahan mewabahnya Covid-19 di kampus UIN Jakarta. Guna mengantisipasi hal itu Rektor di antaranya terpaksa harus meliburkan kegiatan belajar mahasiswa. Sebagai pengganti mahasiswa diminta belajar di rumah secara online, tidak dengan cara tatap muka dengan dosen di kelas.

Sesuai surat edaran Rektor UIN Jakarta bernomor B.855/R/HK.00.7/3/2020 yang diberlakukan efektif pada 16 Maret 2020, mahasiswa akan menjalani masa libur kuliah hingga 29 Maret 2020. Namun, kebijakan tersebut akan dievaluasi secara periodik dengan memperhatikan imbauan dan informasi resmi dari pemerintah.

Surat edaran Rektor UIN Jakarta tak hanya meliburkan perkuliahan atau kegiatan kampus lain yang bersifat massif. Guna mengantisipasi merebaknya virus mematikan itu, Rektor juga minta pimpinan di setiap unit kerja agar menyediakan fasilitas pencegahan penyebaran Covid-19. Anara lain alat pendeteksi subu tubuh, sabun antiseptik, masker, dan penyemprotan lingkungan dengan desinfektan. (ns)

Share This