Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta memotong sedikitnya 16 hewan kurban pada lebaran Idul Adha 1439 H. Keenam belas hewan kurban yang dipotong terdiri atas delapan ekor sapi dan delapan ekor kambing. Daging hewan kemudian didistribusikan kepada sekitar 1.000 mustahik di empat lokasi.

Acara pemotongan hewan kurban dilakukan pada Kamis (23/8/2018) mulai pukul 07.00 secara serentak. Keempat lokasi yang menjadi sasaran mustahik itu adalah di kampus 1 UIN Jakarta sebanyak 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Cikuya, Tangerang, Banten (3 ekor sapi dan 3 ekor kambing), Bojongsari, Depok, Jawa Barat (1 ekor sapi dan 2 ekor kambing), dan di sebuah yayasan difabel di Bandung, Jawa Barat (1 ekor sapi).

Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada pagi ini juga menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat pemotongan hewan kurban di Cikuya. Lokasi tersebut merupakan lahan kosong milik UIN Jakarta di mana terdapat banyak warga kurang mampu di sekitarnya. Selain Rektor, juga ikut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan yang juga Ketua Panitia Kurban, Murodi, serta sejumlah pejabat UIN Jakarta lain.

Sementara itu, pemotongan di kampus 1 UIN Jakarta dilakukan di belakang Fakultas Sains dan Teknologi. Distribusi daging hewan kurban dilokasi ini disasarkan kepada para pegawai golongan II dan honorer. Adapun pemotongan di Bojongsari dilakukan di gedung Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) atau Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan sasaran para mustahik warga kurang mampu di sekitar lokasi. Sedangkan pemotongan di Bandung didistribusikan kepada para penyandang disabilitas.

Menurut Ketua Panitia Kurban Murodi, hewan kurban diperoleh dari para pengurban, seperti pimpinan UIN Jakarta maupun mitra bisnis, baik perorangan maupun lembaga, internal maupun eksternal kampus. Di antaranya dari PT Bank Jabar-Banten (BJB) Syariah, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI 46), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkomsel), PT Brantas, Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, Syahida Inn, dan Fakultas Adab dan Humaniora.

Murodi menyampaikan terima kasih atas sumbangan hewan kurban dari para pengurban pada Idul Adha kali ini. Semua daging hewan kurban diberikan kepada para mustahik sesuai syariat Islam. Ia berharap semua daging hewan kurban dapat sampai kepada para mustahik yang membutuhkan.

“Saya juga berharap keikhlasan berkurban bagi para pengurban dapat diterima Allah SWT serta menjadi keberkahan hidup,” katanya.

Murodi mengatakan, pemotongan hewan kurban di lokasi yang jauh dari kampus merupakan salah satu wujud kepedulian UIN Jakarta kepada masyarakat. Hal itu juga menunjukkan bahwa kampus UIN Jakarta tidak menjadi menara gading yang jauh dengan masyarakat. (ns)

Share This