Bogor, BERITA UIN Online– Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) UIN Jakarta kembali menyelenggarakan Open Recruitment pada Jumat-Ahad, (13-15/10/2017) di Villa  Cigombong, Bogor.

Kegiatan yang dinamai EKSPRESI (Eksplorasi Pontensi Diri Islami) menurut Ketua LDK Syahid Mushab Izzudin diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa baru yang bergabung untuk mengenal lebih dalam mengenai LDK di UIN Jakarta.

Mushab menginformasikan, EKSPRESI 2017  yang bertema “Miracle of Islam–Ciptakan Pemimpin dari Langit untuk Penebar Kebaikan di Bumi” ini dihadiri lebih dari 300 peserta dari berbagai fakultas.

“Dalam kegiatan ini, peserta dilatih untuk membiasakan diri dengan amalan-amalan harian, seperti Tahajud, Dzikir Pagi dan Petang, Dhuha, Tilawah dan Mentoring,” ujar Mushab.

Mentoring ini, lanjutnya, dibagi perkelompok sesuai dengan fakultas masing-masing. Dengan kegiatan bersama ini, lahirlah jargon “Bersama Bermakna, Bersama ke Surga.”

Ditambahkannya, EKSPRESI kali ini juga disii dengan kegiatan Mancakrida (outbound) bertujuan untuk membangun pola kepemimpinan yang kuat dan efektif. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk perbaikan kinerja individu dan kelompok dalam mencapai sasaran, menumbuhkan semangat tinggi, berani, percaya diri, berpikir kreatif, rasa kebersamaan, bertanggung jawab, koopertaif, saling percaya, dan hal-hal positif lainnya.

Secara umum, Mushab menjelaskan, EKSPRESI menjadi sarana pembinaan bibit unggul pertama aktivis dakwah di kampus UIN Jakarta. Diharapkan, para peserta menjadi pendakwah yang memiliki kekuatan ruhani dan memiliki bekal ilmu-ilmu lainnya.

“Ini adalah wujud ikhtiar yang tak kenal lelah bagi para pejuang dakwah untuk membantu syiar Islam di kampus UIN Jakarta. Selanjutnya adalah mengerahkan segenap kemampuan untuk membina, sebagaimana kita saat ini totalitas dalam merekrut,” ujarnya.

Salah satu peserta, Syafiah Diyanah Al Mardiyah, mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat mengikuti EKSPRESI. Ia mengaku merasakan pengalaman yang sangat berkesan dan bermanfaat.

“Alhamdulillah, begitu luar biasa dapat merasakan atsmosfer ukhuwwah yang maa syaa Allah banget. Saya dapat banyak kawan baru, bekal ilmu, terutama mentoring,” ungkap mahasiswa Pendidikan Fisika ini. Ia juga merasa mendapat semangat untuk melanjutkan kontribusinya setelah ikut berdakwah melalui Rohis di sekolahnya dahulu.

Senada dengan Syafiah, Ibnu Sholahudin mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora, juga mengungkapkan kesannya.

“Acaranya seru dan tidak dapat dilupakan. Materi yang disampaikan begitu bagus. Panitia mampu melaksanakan acara dengan baik,” tuturnya.

Ucapan selamat disampaikan Musab kepada peserta EKSPRESI. Ia berharap agar teman-teman tetap semangat dalam berdakwah sembari mengutip al-Quran surat Ali Imran ayat 104, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang mengajak  kepada yang makruf  dan mencegah dari yang munkar. Dan merekalah orang-orang yang beruntung.”

Mushab pun berharap semoga EKSPRESI kali ini mampu menjawab permintaan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Prof Dr Yusran Razak MA, agar LDK Syahid dapat mengajak dan merangkul mahasiswa baru guna terbinanya akhlakul karimah dengan baik menuju terciptanya kampus yang islami.

Sebagai informasi, LDK Syahid adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Jakarta yang bergerak di bidang dakwah kampus. Saat ini, LDK Syahid memiliki enam Kelas Minat dan Bakat (KMB), yaitu Public Speaking, Social Activis, al-Quran Learning, Dakwah Kreatif, Entrepreneur dan Kepenulisan.

Peserta dapat memilih kelas seusai minatnya. KMB ini merupakan program untuk mengasah bakat kader-kader LDK, guna menggunakannya sebagai sarana untuk berdakwah. KMB dikoordinir oleh Bidang-bidang di LDK Syahid yang ditutori oleh mentor yang berpengalaman dan berprestasi sesuai bidangnya. (mf/sarahmotiva)

Share This