Auditorium FISIP, BERITA UIN Online— Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) UIN Jakarta mensyaratkan laporan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UIN Jakarta tahun 2019 ditulis dalam format buku ber-ISBN dan film dokumenter. Seluruh laporan nantinya diunggah dalam media daring UIN Jakarta sehingga bisa diakses masyarakat, akademisi, peneliti, pengambil kebijakan maupun para fihak yang tertarik dengan substansi laporan.

Demikian disampaikan Kepala P2M Dr. Kamarusdiana MH kepada BERITA UIN Online, Selasa (9/7/2019). Menurutnya, tahun ini, P2M meminta seluruh kelompok KKN Mahasiswa UIN Jakarta 2019 membuat dua format laporan yang melukiskan kegiatan pengabdian mereka dan harus dilaporkan setelah kegiatan pengabdian di tengah-tengah masyarakat selesai. “Pertama, laporan tertulis berupa buku ber-ISBN. Kedua, film dokumenter,” ujarnya.

Seluruh laporan, sambung dosen Jurusan Perbandingan Mazhab FSH ini, harus dilakukan berbasis online kendati buku berformat ISBN juga harus dicetak. “Penulisan laporan tertulis berupa buku ber-ISBN, nanti juga akan di-online-kan,” sambungnya lagi.

Kamarusdiana menegaskan, penulisan buku ber-ISBN berbasis online sekaligus film dokumenter dilakukan agar laporan mahasiswa bisa diakses publik secara lebih luas. Para fihak yang tertarik bisa mengunduh sekaligus menonton tayangan film dokumenter secara daring melalui kanal media daring. “Sehingga yang lain juga bisa melihat bagaimana peran UIN Jakarta kepada masyarakat,” tambahnya.

Diketahui, tahun ini P2M UIN Jakarta mengkordinasikan pelaksanaan KKN 3700-an Mahasiswa UIN Jakarta. Masing-masing melalui Program KKN Mandiri reguler sebanyak 200 kelompok, KKN Kebangsaan di Medan Sumatera Utara, KKN Bersama di Ternate, dan KKN Internasional yang diikuti mahasiswa UIN Jakarta di Mumbai India, Malaysia (dua kelompok), dan Turki 1 kelompok.

Untuk memfasilitasi pembuatan laporan dengan format demikian, P2M UIN Jakarta sendiri menyelenggarakan workshop yang diikuti seluruh peserta KKN. Workshop berlangsung di Auditorium FISIP, Kampus 2 UIN Jakarta, Selasa (9/7/2019). Seluruh laporan diharap bisa mendeskripsikan keunikan masing-masing wilayah pengabdian, problematika sosial, maupun kontribusi mahasiswa peserta KKN. (zm)

Share This