Gedung FITK, BERITA UIN Online– Magister Pendidikan Bahasa Arab (MPBA) FITK UIN Jakarta menggelar Kuliah Umum berbahasa Arab dan Inggris dengan menghadirkan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Lembaga Prof Dr Andi M Faisal Bakti MA dan Syeikh Munir Turen dari Turki pada Selasa, (7/5/2019) di Ruang Sidang FITK lt 2.

Acara bertema Idmaj al-Ulum al-Kauniyyah al-Haditsah wa al-Ulum ad-Diniyyah fi Dhaui Rasail an-Nur (Integrasi Sains Modern dan Ilmu Agama dalam perspektif Agama) dihadiri mahasiswa MPBA semester 2, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 6, pembina dan sebagian pengurus Yayasan Nur Semesta Ciputat serta dimoderatori Ketua MPBA Dr Muhbib Abd Wahab MA.

Dalam sambutannya, Andi menyampaikan program kerjasama luar negeri yang akan dilaksanakan UIN Jakarta, di antaranya program pertukaran dosen, karyawan, peneliti, dan referensi.

“Bagi yang bahasa Inggrisnya bagus, bahasa Arab, Turki, Persia, silahkan mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini,” ujar Andi.

Sementara itu, Syeikh Munir sebagai nara sumber menjelaskan bahwa ilmu menurut Said Nursi itu bersumber dari Dzat Yang Maha Benar (al-Haqq), sehingga tidak ada dikotomi antara ilmu umum (sains) dan agama.

“Semua ilmu itu terintegrasi dan harus dibaca dan dikembangkan dengan spirit iqra’ bismi Rabbik,” ujar Syeikh Munir.

Ilmu-ilmu dalam Islam itu, lanjut Munir, bukan tujuan, tetapi sarana dan media untuk pendekatan diri kepada Allah dengan beribadah kepada-Nya.

Ditambahkannya, integrasi Ilmu menurut Nursi harus menghasilkan peradaban yang berkeadaban dan berkeadilan bagi semua. (lrf/mf)

Share This