Gedung FITK, BERITA UIN Online– Dalam upaya mengkolaborasikan sains dan seni, Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta akan menggelar Pekan Raya Ilmiah (PRI) 2017 pada Sabtu-Senin, 7-9 Oktober 2017.

Ketua Pelaksana PRI Rizki Fajar Bagaskara menjelaskan, PRI adalah acara terbesar Prodi Pendidikan Fisika yang telah sukses pada tahun 2015 dan 2016.

“Berkaca dari tahun sebelumnya, maka Pendidikan Fisika terus berinovasi dengan menambahkan bentuk kegiatan yang kami kolaborasikan antara sains dan seni,” ujar Fajar di ruang Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FITK UIN Jakarta, Senin (1/10/2017).

Adanya inovasi tersebut menurutnya akan dapat menambah minat siswa terhadap sains dan seni, sebab mereka tidak hanya dapat mengasah keahlian menjawab soal-soal fisika, namun dapat juga mengasah keterampilan seni menulis, fotografi, berbicara, dan merangkai alat peraga (soft skill).

Mahahasiswa semester lima Prodi Fisika ini menyebutkan, bentuk kegiatan PRI ini terdiri dari enam konsep, yaitu Welcoming Party, Olimpiade Fisika, Essai, Project Alat Fisika, Fotografi dan Stand Up Komedi Fisika.

“Peserta akan disambut dalam Welcoming Party yang bernuansa Pahlawan Nasional dengan berbagai hidangan khas Indonesia serta pagelaran seni adat budaya Indonesia,” ungkap Fajar.

Untuk konsep Olimpade Fisika yang menjadi ajang kompetisi bidang keilmuan fisika berisi materi tentang mekanika, getaran dan gelombang, listrik magnet, zat dan kalor (termodinamika), optik, dan fisika modern.

Sementara Esai sebagai ajang kompetisi keahlian menulis bidang pendidikan yang berfokus kepada tema Komperasi Pendidikan di Indonesia dan di Negara Maju dengan naskah asli dan belum pernah dipublikasikan.

Dalam Project Alat Fisika berfokus kepada materi “Kinematika Gerak” agar siswa dapat mengaplikasikan teori gerak parabola dalam sebuah project serta meningkatkan kreativitas siswa.

“Agar kegiatannya lebih menyenangkan dan menghibur, konsep seninya kita kolaborasikan dengan Street Fotografi dan Stand Up Comedy Fisika dengan tema Fisika di Mata Komika,” pungkas Fajar.

Kegiatan yang mengangkat tema “Memandang Dunia Melalui Mata Fisika” ini rencananya akan diikuti perwakilan siswa dari setiap SMA atau sederajat di Pulau Jawa, mahasiswa semester ganjil dari satu sampai tujuh FITK UIN Jakarta, sivitas akademik FITK, dan mahasiswa UIN Jakarta non FITK. (mf)

 

Share This