Sawangan, BERITA UIN Online – Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Bumi Perkemahan Astuty Center Sawangan, Kota Depok, Jumat (5/7/2019), diisi dengan kegiatan praktik membina dan berkemah. Kegiatan outdoor activity tersebut diikuti oleh sebanyak 85 peserta. Mereka dilatih oleh para pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Selatan.

Materi cara membina dan berkemah merupakan kegiatan praktik lapangan setelah selama tiga hari (28-30/6/2019) kemarin peserta mengikuti materi indoor di gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bojongsari, Depok. Materi tersebut bertujuan guna mengimplementasikan pengetahuan tentang kegiatan kepramukaan yang diperoleh di dalam kelas.

Dalam praktik membina, para peserta KMD diarahkan bagaimana menangani peserta pendidik di satuan gugus depan, khususnya pada golongan Siaga, Penggalang, dan Penegak (S-G-T).

“Materi cara membina penting dikuasai peserta yang akan menjadi pembina di gugus depan. Penekanan materi ini terutama pada metode, penguasaan bahan, dan sikap-mental,” kata Kepala Pusdiklat, Asrul Effendi.

Sementara dalam materi praktik berkemah, peserta diarahkan agar memiliki kemampuan serta kemahiran mengelola bentuk-bentuk kegiatan perkemahan bagi para peserta ddidik. Praktik berkermah atau outdoor activity merupakan salah satu metode pendidikan dalam kegiatan kepramukaan. Tujuan berkemah di antaranya untuk membiasakan peserta didik hidup mandiri, disiplin, berani, dan kreatif.

Selain kedua materi praktik tersebut, peserta juga diberikan keterampilkan pioneering (scouting skill) berupa tali temali, morse, smpahore, dan sandi. Scouting skill merupakan kegiatan khas pramuka yang diberikan sejak pendidikan dasar.

“Tujuan scouting skill di antaranya agar pramuka terampil dan cetakan serta mampu memecahkan masalah di saat sedang menghadapi kesulitan dan tantangan,” jelas Asrul.

Sesuai jadwal, kegiatan KMD lapangan akan berkakhir hingga Minggu (7/7/2019) mendatang. Di sesi terakhir ini peserta akan mengikuti uji kompetensi dan penerimaan ijazah KMD sebagai tanda kelulusan. (ns)

Share This