Gedung FK, BERITA UIN Online – Khair El Nisa Irwan Maulana, mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta semester 2, berhasil menyabet juara pertama pada Lomba Taqdimul Qishah (Dongeng berbahasa Arab) antarperguruan tinggi nasional yang digelar di kampus UIN Bandung pada 1 Maret 2019. Acara bertajuk Gelanggang Kreasi Dunia Arab Berprestasi itu diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung.

Dalam lomba yang diikuti 23 perguruan tinggi tersebut, Khair El Nisa mengisahkan tentang perjalanan hidup Ibnu Sina (Avicenna), tokoh Islam yang berperan dalam perintisan bidang kedokteran. Konon, ia merupakan satu-satunya mahasiswa dari jurusan non bahasa Arab.

“Saat mendaftar saya hampir tak percaya diri. Sebab, peserta lain umumnya mahasiswa dari jurusan bahasa Arab. Namun, saya tetap meyakinkan diri bahwa saya mampu berbahasa Arab,” ungkapnya seusai menerima penghargaan dari Dekan FK Hari Hendarto di gedung FK, Jumat (8/3/2019).

Hari Hendarto dalam kesempatan tersebut menyatakan bangga atas prestasi yang diraih Khair El Nisa. Hari tak mengira bahwa dari ratusan mahasiswa FK saat ini ada di antaranya yang mahir berbahasa Arab.

“Insya Allah, setiap mahasiswa FK yang berprestasi akan kita fasilitasi agar lebih berprestasi lagi,” katanya.

Ia juga bangga dengan para mahasiswanya yang terus mengembangkan keterampilan, minat, dan bakatnya dalam berbagai aktivitas, baik di bidang akademik maupun non akademik. Aktivitas mahasiswa yang berprestasi tersebut positif guna menunjang penguatan lembaga ke depan.

“Saya kira, keberhasilan Khair El Nisa sebagai juara nasional Taqdimul Qishah menjadi catatan prestasi tersendiri bagi FK. Selain sebagai calon dokter yang mahir berbahasa Arab, ia juga menjadi aset FK yang patut dicontoh mahasiswa lainnya,” ujar Hari. (ns)

Share This