Ruang Diorama, BERITA UIN Online— Program Studi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Jakarta menggelar seminar internasional dengan mengusung tema, Hak Asasi Manusia dan Kesehatan Jiwa Kelompok Rentan: Catatan Praktik untuk Pekerja Sosial dan Praktisi Kesehatan Jiwa”.

Acara tersebut dilaksanakan pada, Jumat (18/01), bertempat di Ruang Diorama, kampus I UIN Jakarta, dan dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, serta Irmansyah (Ketua Rehabilitasu Psikososial Indonesia) sebagai keynote speaker.

Turut hadir dalam acara tersebut, para narasumber serta praktisi sosial diantaranya, Linda Briskman (Margaret Whitlam Chair of Social Work at Sydney University), Lucy Fiske (Senior Lecturer in Social & Political Science at the University Technology Sydney/UTS), Halima (Assisten Manager of the Cisarua Refugee Learning Centre/ CLRC), Puji Pujiono (Chairman of the Indonesian Council on Social Welfare/ Former Regional Adviser on Disaster Risk Reduction UN-ESCAFE), serta Siti Napsiyah sebagai moderator kegiatan.

Dalam sambutan sebelum membuka acara yang diikuti sedikitnya 100 peserta tersebut, rektor mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada panitia juga para narasumber dan praktisi yang menyempatkan hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada seluruh sivitas akademika UIN Jakarta, khususnya dari prodi Kessos.

“Seminar ini sangat penting dan bermanfaat, tidak hanya bagi kalangan akademisi maupun praktisi, tapi juga masyarakat luas. Karena hal ini menyangkut kemanusiaan dan interaksi sosial diantara sesama makhluk hidup. Ikuti dan serap ilmu serta pengalaman yang diberikan oleh para narasumber, semoga akan membawa dampak positif bagi perkembangan prodi Kessos UIN Jakarta,” papar Amany.

Dalam kesempatan yang sama, rektor sedikit menyampaikan bahwa prodi Kessos UIN Jakarta dibuka pada tahun 2000 silam. Sampai saat ini, sudah sangat signifikan kemajuannya dalam berbagai hal terutama sisi keilmuan dan jaringan dengan beberapa kampus, baik nasional maupun internasional.

“Kessos UIN Jakarta, senantiasa mengusung misi Rahmatan lil a’ lamin. Kami menanamkan kepada mahasiswa Kessos khususnya untuk senantiasa menumbuhkan rasa empati dan kepedualian sosial terhadap sesama manusia, di mana pun,” tandas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Di akhir sambutannya, rektor berharap kegiatan ini akan terus berkesinambungan. Baik secara teoritik maupun praktik lapangan. Segenap jajaran pimpinan UIN Jakarta akan senantiasa memfasilitasi dan mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang akan dilaksanakan ke depan.

“Semoga, apa yang kita laksanakan baik saat ini maupun kegiatan-kegiatan ke depan nantinya, akan memberikan manfaat bagi lembaga khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” tutup rektor, dilanjutkan membuka acara dengan bersama membaca basmallah. (lrf)

Share This