Aula Madya, Berita UIN Online—Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta kembali menggelar bakti sosial berupa Seminar Kesehatan dan periksa kesehatan Reproduksi serta Deteksi Dini Kanker Serviks, bertempat di Aula Madya untuk pemeriksaa kesehatan, sedang seminar dilaksanakan di ruang teater FITK kampus I UIN Jakarta, Selasa (16/07).

Pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan hasil kerja sama antara PSGA, Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Fakultas Kedokteran (FK), serta Rumah Sakit UIN Jakarta tersebut, melibatkan 27 orang Dokter dan dua orang tenaga medis. Dari ke 27 dokter tersebut, 26 di antaranya diterjunkan dari FK UIN Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah, satu orang dokter dan dua orang tenaga medis lainya dari pihak YKI.

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga selesai tersebut, bertujuan memberikan pengetahuan sekaligus peringatan dan pencegahan llebih dini tentang bahaya, tanda dan pengobatan bagi penderita kanker serviks.

Hal demikian disampaikan Ketua PSGA UIN Jakarta Ulfah Pajarini kepada BERITA UIN Online, di sela-sela kegiatan tersebut. Ulfah menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan positif tersebut, diharapkan mempu memeberikan kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan UIN Jakarta yang sehat secara jasmani.

“Mengenai target peserta, kami tidak membatasinya, selama persediaan alat-alat pendukung masih tersedia. Walau memang kami mengutamakan seluruh sivitas akademika UIN Jakarta untuk melakukan pemeriksaan, tentunya bagi para istri-istrinya atau kaum hawa,” pukas Ulfah.

Ditambahkan Ulfah, untuk seminar Kesehatan Reproduksi, merupakan bagian dari kepedulian UIN Jakarta terhadap kualitas hidup perempuan, khususnya di lingkungan UIN Jakarta.

“Kita sama-sama mengetahui bahwasannya kanker merupakan penyakit maupun pembunuh yang tersembunyi yang sangat memprihatinkan. Jadi kegiatan ini menjadi kegiatan unggulan yang setiap tahun harus kita lakukan,” tandas Ulfah (lrf)

Share This