Ciputat, BERITA UIN Online– Kabar duka datang dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta. Usai terjadi kecelakaan di fly over Ciputat sekira pukul 18.00 pada Selasa (26/11/2019), mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) semester lima M Faaiq Abdillah berpulang ke rahmatullah di RS Sari Asih Ciputat.

Kabar duka ini disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik FITK Muhammad Zuhdi MEd PhD melalui pesan singkatnya di WAG dosen FITK saat Zuhdi berada di RS Sari Asih.

“Barangkali ada yang tahu mahasiswa yang bersangkutan kecelakaan sedang di IGD Sari Asih,” begitu tulis Zuhdi saat mengirimkan foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Faaiq. Tidak lama kemudian Zuhdi menulis kembali pada pukul 18.15, “Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Beliau sudah dipanggil Allah…”

Zuhdi melanjutkan, “Saya sudah bertemu ibunya di RS. Ibunya bersaksi dia anak soleh. Tidak pernah menyusahkan orang tua. Rajin puasa dan solat malam. Ibunya mendoakan agar anaknya mendapat pahala syahid. Kata ibunya, dia sering baca hadits “orang yang menuntut ilmu, maka dia berada di Jalan Allah… bahkan sejak balita, ibunya sering dibangunin malam untuk solat. Insya Allah almarhum min ahlil khoyr,” tutupnya.

Senada dengan Zuhdi, Dekan FITK Dr Sururin MAg menambahkan kesaksian bahwa almarhum adalah mahasiswa yang baik. “Saya sebagai saksi, almarhum sebagai mahasiswa yang baik dan serius dalam belajar. Insya Allah khusnul khotimah…” tulisnya.

Disusul komentar Dr Romlah Askar MA Dosen Hadis FITK. Romlah menulis, “Betul, almarhum anak yg baik. Saya mengajarnya tahun lalu. Barusan dapat WA dari anak saya yang di Mesir. Almarhum kawan anak saya di MAN 4. Memang anak yang baik dan sholeh. Semoga husnul khootimah.”

Sementara itu, berdasarkan penelusuran tim Berita UIN Online, almarhum beralamat di Jl Citanduy No 16 04/09 Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan pada Rabu (27/11/2019) di samping Masjid Amaliatus Salam Jl Kesehatan 1 RW 09 Kelurahan Cipayung (dekat kediaman Ibu Woro/Pak Jaka) bada sholat Zhuhur berjamaah.

Mendapatkan informasi tersebut, Tim Tarbiyah Peduli segera membuka donasi Tali Kasih untuk membantu keluarga mahasiswa FITK yang syahid melalui rekening Tarbiyah Peduli Tarbiyah Peduli An Iwan Permana Suwarna BNI No Rek 0623260892.

Diketahui, almarhum juga aktif sebagai pengurus aktif Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PAI 2019 Departemen Kominfo.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi yang jelas mengenai kronologi kecelakaan tersebut.

Ucapan belasungkawa dan doa berdatangan melalui medsos dari para dosen dan rekan-rekan almarhum sesama mahasiswa.

“Semoga almarhum husnul khotimah dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. Selamat jalan Faaiq menuju Rabbmu, Engkau adalah syuhada penuntut ilmu.” (lrf/mf)

Share This