Ciputat, BERITA UIN Online– Rektor UIN Jakarta Prof Dr Hj Amany Lubis MA menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Rosmawati binti H Muhammad Satibi, istri Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Drs Rasi’in MA yang wafat pada Senin (5/4/2021).

Ucapan bela sungkawa tersebut disampaikan Amany pada acara tahlil virtual malam pertama di hari yang sama yang juga diikuti secara offline oleh kerabat dan sejawat Drs Rasiin MA di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kita akan mati, itu sudah sunnatullah dan Ibu Rosma telah mendahului. Saya ucapkan selamat jalan, semoga amal baiknya diterima Allah SWT,” ujar Amany.

Kemudian Amany berpesan agar keluarga yang ditinggalkan, khususnya suami dan anak-anak almarhumah untuk bersabar atas kematian ini, dan ini, kata Amany, sudah menjadi kehendak dan takdir Allah SWT.

“Kita harus bisa memahami kehendak ini, sehingga bisa bersabar dan merelakan dengan ikhlas kepergian almarhumah,” imbuh Amany.

Dengan sabar dan ikhlas, menurut Amany, akan memudahkan pihak keluarga untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari.

“Walaupun ini sulit, karena bertahun-tahun hidup bersama dan ini yang terbaik. Tentu almarhumah akan senang dan bahagia menuju jalan Allah,” tegasnya.

Ditambahkannya, menurut para ulama, ruh almarhumah masih menyaksikan keluarganya sampai 40 hari lamanya. Tentunya, kata Amany, almarhumah bersedih dengan perpisahan ini, tapi karena ajal sudah dicabut, dia tidak dapat berbuat apa-apa lagi dan hanya bisa menyaksikan sanak familinya hari perharinya.

“Tentu amalan yang menggembirakan selama 40 hari ini sambil membaca Alquran oleh anak-anak almarhumah yang dihadiahkan kepada orangtua. Ini adalah yang paling indah,” ungkap Amany.

Di keluarga Betawi, tambahnya, ada orang yang mengaji Alquran di makam selama 40 hari. Namun menurut hemat Amany, alangkah lebih baiknya jika anaknya atau keluarganya sendiri yang membacakan Alquran untuk dihadiahkan pahalanya kepada Almarhumah.

“Bacaan Alquran pahalanya sampai kepada mayit, selain itu dapat menenangkan hati ketika membacanya,” pungkasnya.

Hadir dalam tahlil virtual tersebut, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Lily Surraya Eka Putri MenvStud, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr H Jaenudin MAg, sejumlah pejabat dan kerabat di lingkungan UIN Jakarta. (mf)

Share This