Gedung FK, BERITA UIN Online—Dalam ikut memeriahkan Milad UIN Jakarta ke-62, Fakultas Kedokteran (FK) menyelenggarakan Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada, Kamis (13/06), di Lobby FK UIN Jakarta.

Dalam pemeriksaan tersebut, difasilitasi pula layanan konsultasi kepada dokter sekaligus pengobatan, pemeriksaan laboratorium sederhana asam urat, kolesterol dan gula darah sewaktu, pemeriksaan kepadatan massa tulang dan pemeriksaan status antropometri gizi.

Ketua panitia kegiatan tersebut Lilly Tsuraya, kepada BERITA UIN Online mengatakan, bahwa layanan kesehatan itu terbuka untuk seluruh sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat umum, sehingga peserta yang mendaftar tidak kurang dari 151 peserta.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat membantu dosen untuk memantau kesehatannya dan lebih baik lagi bila bisa dilaksanakan rutin. Adapun untuk kegiatan donor darah, bekerja sama dengan PMI wilayah Tangerang Selatan dan diikuti oleh 43 pendonor,” ujar Lilly Tsuraya.

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, para Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Bagian, Dekan dan Kepala Sub Bagian juga menyempatkan meninjau pelaksanaan kegiatan. Lebih dari itu, Rektor Amany Lubis juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan melakukan pemeriksaan darah dan mendonorkan darah sebagai bentuk apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Di tempat yang sama, Dekan FK UIN Jakarta Hari Hendarto menuturkan, bahwa pemeriksaan kesehatan ini diselenggarakan sebagai sumbangsih untuk turut menjaga kesehatan para sivitas akademika serta berkontribusi pada masyarakat sekitar.

“Selain itu, kami juga membantu program PMI wilayah Tangerang Selatan untuk mengumpulkan kantong darah dari pendonor. Kami berharap ini memberi peran positif dalam kegiatan Milad UIN ke-62,” papar Hari.

Sebagai informasi, kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama antara Fakultas Kedokteran, Klinik Pelayanan Kesehatan Masyarakat (KPKM), Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, PMI wilayah Tangerang Selatan dan Klinik Makmur Jaya Ciputat mendapat respon positif dari peserta yang datang, hal ini dikarenakan manfaatnya sangat dirasakan. (lrf/msd)

Share This