Jakarta, BERITA UIN Online– Institut Prancis di Indonesia atau Institut Français d’Indonésie (IFI) menawarkan kerjasama perluasan kursus bahasa Perancis di UIN Jakarta. Selain mahasiswa dan dosen UIN Jakarta sendiri, kerjasama pengembangan kursus nantinya bisa ditawarkan kepada masyarakat umum yang tertarik belajar bahasa Perancis dengan UIN Jakarta sebagai lembaga pemberi kursusnya.
Demikian tawaran IFI yang disampaikan Cooperation Linguistic Attaché of IFI Philippe Grangê saat digelar buka puasa bersama Dewan Pimpinan IFI Indonesia dan Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis di Kantor IFI di Jakarta, Selasa (7/5/2019). “Kami menawarkan agar program kursus bahasa Perancis di UIN Jakarta diperluas, tidak hanya untuk mahasiswa dan dosen UIN Jakarta, tapi juga masyarakat umum,” katanya.
Philippe mengungkapkan, evaluasi pihaknya tentang pelaksanaan kursus di berbagai daerah yang difasilitasi IFI maupun kursus bahasa Perancis yang diikuti khusus mahasiswa dan dosen UIN Jakarta ternyata menarik banyak peminat. Penggunaan bahasa Perancis di berbagai negara maupun tawaran beasiswa studi ke berbagai universitas berbahasa Perancis menjadi alasan di balik tingginya minat tersebut.
UIN Jakarta sendiri, melalui Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) telah beberapa tahun terakhir menawarkan kursus Bahasa Perancis. Kursus ini merupakan kerjasama UIN Jakarta dengan IFI. Kursus dengan instruktur langsung dari IFI ini diikuti banyak dosen dan mahasiswa UIN Jakarta, namun belum ditawarkan kepada mahasiswa dan masyarakat umum.
Merespon tawaran itu, Rektor berharap tawaran perluasan program kursus akan secepatnya difasilitasi oleh UIN Jakarta. Menurutnya, perluasan program memungkinkan kapasitas pengajaran bahasa Perancis bisa diikuti masyarakat luas, bahkan oleh mahasiswa dan dosen UIN Jakarta sendiri. “Secepatnya kita tindaklanjuti,” katanya. (Zae)

Share This