Depok, BERITA UIN Online– Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (HMP PGMI FITK) menggelar Dialog Kebangsaan dan Pendidikan pada Rabu (10/4/2019) di Gedung PPG FITK UIN Jakarta Sawangan Depok.

Dialog bertema “Pancasila dan UUD 1945 Sebagai Nilai Fundamental Bangsa Indonesia” itu menghadirkan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 Anang Hermansyah sebagai narasumbernya.

Dalam paparannya, Anang menjelaskan Indonesia merupakan negara paling maju. Negara yang masuk 10 industri terbesar di dunia. Negara dengan ekonomi terbesar 20 di dunia. Memiliki 1340 suku bangsa yang hidup di dalam satu negara, sehingga dinobatkan menjadi negara super power budaya.

“Banyak prestasi lainnya yang dimiliki Indonesia. Kita harus bangga menjadi warga Indonesia. Tapi ingat, semua itu tidak bisa sekadar bangsa,” ujar Anggota Komisi X Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Ekonomi Kreatif, Perpustakaan, dan Budaya itu.

Prestasi harus dipupuk, lanjut suami Ashanti itu, sesuai minat bakat yang dimiliki. Kampus UIN, menurut Anang, yang hanya berapa kilometer dari Jakarta seharusnya lebih membanggakan prestasinya dibanding yang tinggal di luar Jakarta,” tegas Anang di hadapan puluhan mahasiswa UIN Jakarta dan sejumlah dosen di Aula Lt 2 Gedung PPG.

Lanjutnya, pelajar Indonesia harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak boleh kalah dengan negara lain. Mahasiswa wajib memiliki kreativitas atau menumbuhkan jiwa kreativitasnya. Pasalnya, Indonesia bukan hanya membutuhkan pelajar yang cerdas tapi Indonesia pun membutuhkan pelajar yang kreatif.

“Banggakah kalian menggunakan produk yang dibuat oleh luar negeri. Seperti kuliner Indonesia yang jago kandang, banyak kuliner Jepang dan Korea yang tersebar di mall dan kalian makan setiap hari. Sedangkan saya ke luar negeri susah sekali menemukan makanan khas Indonesia. Padahal Indonesia punya sejuta makanan yang kaya rasa,” ungkap Anang.

Dalam acara yang diadakan oleh HMJ PGMI bekerja sama dengan HMJ PAI, HMJ PIPS, serta HMJ PIAUD itu dibuka Wadek III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Dr Fauzan MA.

Usai acara, peserta dari dosen dan mahasiswa berkesempatan berpose bersama musisi yang lagunya hits pada era 90an bersama Krisdayanti itu. (lrf/mf)

Share This