Gd. FST BERITA UIN Online— Himpunan Mahasiswa Tambang (HITAM) Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta kembali menggelar workshop yang mengusung tema Pengaplikasian Software Minescape Terhadap Optimasi dan Perencanaan Pertambangan Batubara, Kamis (25/10) bertempat di ruang teater lantai 2 FST UIN Jakarta.

Acara yang bertujuan agar mahasiswa pertambangan dapat mengenal serta mengoptimalisasi penggunaan software minescape juga memahami tahapan perencanaan pertambangan batubara dalam dunia pertambangan.

Workshop yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut, dihadiri sekaligus dibuka secara resmi oleh Dekan FST Dr Agus Salim MSi, Kepala Program Studi Teknik Pertambangan Dr Ambran Hartono MSi, serta segenap jajaran sivitas akademika FST UIN Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai pemateri yaitu seorang Business Development Hasnur Cipta Karya, Mario Nurdyanto. Dirinya menjelaskan bagaimana cara menggunakan software minescape serta mendemonstrasikannya kepada peserta.

Menurutnya, minescape dikembangkan untuk memenuhi berbagai tuntunan dalam industri pertambangan, serta merupakan solusi lengkap bagi operasi tambang open cut dan underground.

“Minescape memiliki fungsi pemodelan geologi dan desain tambang yang luas sehingga menjadi solusi pertambangan terkemuka di Indonesia,” pukas Mario.

Ditambahkannya, bahwa semua produk minescape telah terintegrasi dan dapat diakses oleh banyak user dengan database tunggal dalam suatu network. Setiap produk melakukan pemrosesan data tertentu disertai dengan fungsi perencanaan pertambangan lainnya.

Sebagai informasi, kegiatan workshop yang berakhir pada pukul 15.00 Wib itu, berjalan dengan lancar, tertib tanpa ada kendala yang berarti. Selain itu, rasa keingintahuan peserta pun sangat tinggi, hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada pemateri tentang bagaimana software tersebut dioperasikan. (lrf)

Share This