Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Terhitung mulai Senin (13/1/2020) ini, pengisian Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) resmi dibuka. Pengisian PDSS dilakukan oleh masing-masing sekolah asal siswa melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id.

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Senin (13/1/2020). Sesuai jadwal, pengisian PDSS dilakukan hingga 6 Februari 2020 mendatang.

PDSS merupakan salah satu syarat keuikutsertaan sekolah untuk mendaftarkan siswanya masuk perguruan tinggi negeri di jalur Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur seleksi ini didasarkan kepada nilai akademik atau prestasi siswa di sekolah dengan tanpa tes tertulis.

Untuk dapat mengisi data di PDSS, setiap sekolah harus melakukan pengecekan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Kemudian sekolah juga harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang sekolah sudah benar dan terverifikasi di Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

UIN Jakarta menjadi salah satu peserta yang ikut dalam jalur SNMPTN bersama 84 PTN lain di seluruh Indonesia. Di jalur ini UIN Jakarta menawarkan sebanyak 29 program studi yang bersifat umum (bukan keagamaan). Program studi tersebut tersebar di 10 dari 12 fakultas yang ada di UIN Jakarta.

Siswa yang dapat mendaftar di jalur SNMPTN merupakan lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul. Selain itu, siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di PDSS serta memiliki nilai rapor semester 1-5 bagi SMA/MA dengan masa belajar tiga tahun atau nilai rapor semester 1-7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Sesuai ketentuan, kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020. Ketentuan tersebut adalah sekolah terkreditasi A sebesar 40 persen, sekolah terakreditasi B sebesar 25 persen, dan sekolah terakreditasi C sebesar 5 persen.

Tahapan proses pendaftaran diawali dengan registrasi akun bagi calon mahasiswa di LTMPT pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020 serta pengisian data PDSS, pemeringkatan oleh sekolah, dan pengumuman siswa yang eligible mendaftar SNMPTN (13 Januari-6 Februari 2020). Sementara untuk pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 11-25 Februari dan pengumuman hasil SNMPTN pada 4 April 2020 di laman resmi LTMPT atau di perguruan tinggi masing-masing peserta SNMPTN.

Pendaftaran jalur SNMPTN tidak dipungut biaya apa pun. Calon mahasiswa dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi tersebut dinyatakan sebagai prioritas pilihan. Sedangkan untuk lulusan SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan di masing-masing PTN. (ns)

Share This