Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) resmi dibuka mulai hari ini. Pendaftaran calon mahasiswa dilakukan secara online di laman spmb.uinjkt.ac.id.

Hal itu dikatakan Kepala Humas UIN Jakarta Samsudin kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Jumat (22/3/2019). “Hari ini pendaftaran jalur UM atau ujian lokal mulai dibuka. Para calon mahasiswa dipersilakan mendaftar sesuai ketentuan,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan kalender akademik UIN Jakarta tahun akademik 2019/2020, jalur UM semula akan dibuka pada 18 Maret 2019. Namun, karena sistemnya belum normal, menyebabkan pendaftaran tersebut diundur lima hari.

Meski demikian, jelas Samsudin, pemunduran masa awal pendaftaran tak memengaruhi terhadap pelayanan para calon mahasiswa baru. “Insya Allah semua akan dilayani dengan baik. Kami berharap teknologi informasi dalam sistem pendaftaran tidak terganggu hingga akhir masa penerimaan calon mahasiswa baru, yakni pada 17 Mei 2019,” ujarnya.

Jalur UM merupakan salah satu sistem seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri. Pada jalur ini sebanyak 54 program studi ditawarkan kepada para lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat, baik negeri maupun swasta.

Samsudin juga mengungkapkan, masa berlaku ijazah yang diterima di jalur UM adalah tahun 2017, 2018, dan 2019. Di luar lulusan tahun tersebut dipastikan tidak akan diterima atau ditolak untuk mendaftar.

“Ketentuannya seperti itu. Jadi. kami mohon maaf kalau ada ijazah tahun kelulusanya 2016 ke bawah tidak diterima,” jelasnya. (ns)

Share This