Jakarta, BERITA UIN Online – Hari Hendarto diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hari yang kini masih menjabat Dekan Fakultas Kedokteran (FK) itu menggantikan Plt Direktur Utama yang lama, Andi Wahyuningsih Attas.

Acara serah terima jabatan dari Plt Direktur Utama lama ke Plt Direktur Utama baru digelar di Gedung RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (10/1/2022). Turut menyaksikan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Ahmad Rodoni, dan Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) Abdul Hamid Cebba.

Andi Wahyuningsih Attas menjadi Plt Direktur Utama RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama 19 bulan. Mantan Direktur Utama RSUP Fatmawati Jakarta itu diangkat Rektor UIN Jakarta Amany Lubis sebagai Plt Direktur Utama sejak Mei 2020 lalu.

Selain Hari Hendarto, jajaran direksi lain yang diganti adalah Plt Direktur Pelayanan Medik Penunjang dan Keperawatan Hermien Widjajati. Ia digantikan Yona Mimanda sebagai pejabat definitif pada jabatan yang sama.

Sementara dua direksi lama, yakni Mahesa Paranadipa (Plt Direktur Umum Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Penelitian) dan Indo Yama Nasarudin (Plt Direktur Keuangan dan Informasi Teknologi), ditetapkan menjadi pejabat definitif pada jabatan masing-masing.

Mahesa Paranadipa menjabat Direktur Umum Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Penelitian. Sedangkan Indo Yama Nasarudin menjabat Direktur Keuangan dan Informasi Teknologi.

Hari Hendarto (keempat dari kiri) menerima buku laporan perkembangan RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari Andi Wahyuningsih Attas (keempat dari kiri) disaksikan Rektor UIN Jakarta Amany Lubis (tengah).

Rektor Amany Lubis dalam sambutannya menyatakan selamat kepada Hari Hendarto sebagai Plt Direktur Utama RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru. Ia berharap RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke depan akan menjadi RS Pendidikan UIN Jakarta yang lebih maju dan menjadi RS bersyariah.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Direktur Utama lama Andi Wahyuningsih Attas atas pengabdiannya dalam membantu dan mengembangkan manajemen RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” katanya.

Hari Hendarto mengatakan dirinya akan berusaha untuk menjadikan RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai RS Pendidikan yang bermutu. Selain tetap melayani masyarakat umum, RS Pendidikan UIN Jakarta berfungsi sebagai tempat praktik dan riset bagi mahasiswa FK. Bahkan menurut Hari, FK bersama Kementerian Kesehatan akan membuat modul perkuliahan mengenai haji dan umrah.

“Insya Allah kita akan terus kembangkan RS (RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Red) ini menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

RS Haji UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau yang semula bernama RS Haji Jakarta resmi beralih manajemen kepada UIN Jakarta sejak Mei 2020 lalu. RS ini sebelumnya dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berstatus perseroan terbatas (PT).

Pendirian RS Haji Jakarta dilatarbelakangi adanya tragedi terowongan Mina yang menewaskan puluhan ribu jamaah haji Indonesia tahun 1990. Selain di Jakarta, RS Haji juga dibangun di tiga kota besar lain, yakni Makassar, Surabaya, dan Medan. (ns)

Foto-foto: Hermanudin

Share This