Gedung FDI, BERITA UIN Online— Panitia Harakat Musabaqah Al- Lughah Al-A’robiyah (HAMASA) 2017 Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta menunjuk sejumlah pemenang kompetisi berbagai cabang dilombakan pada ajang tahunan fakultas tersebut. Tahun ini, FDI UIN Jakarta menggelar HAMASAH kedua yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu 16-18 Oktober.

Siaran pers FDI yang dikutip BERITA UIN Online, Jumat (20/10/2017), mengungkapkan, juara umum HAMASA tahun ini disabet kontingan Pondok Pesantren Daarus Sunnah, Ciputat, Tangerang Selatan. Prestasi ini didapat setelah kontingen pesantren yang didirikan almarhum Prof Dr KH Ali Mustofa Yaqub tersebut mampu meraih banyak kemenangan pada berbagai cabang kompetisi.

Sementara itu, berdasar cabang yang dikompetisikan, juara pertama Debat Bahasa Arab dimenangkan utusan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Juara kedua diraih kontingen UII Yogyakarta, dan Juara Ketiga diraih kontingen Pesantren Daarus Sunnah Ciputat. Untuk cabang kaligrafi, posisi pertama diraih utusan LEMKA Muhammad Irham, juara dua Herman Sawiran dari UIN Jakarta, dan juara tiga direbut Ahmad Hijazi dari LEMKA.

Pada cabang kompetisi Membaca Berita, Husna Amalia Rahmawati dari UII Yogya berhasil meraih juara pertama. Sedang juara kedua dan ketiga masing-masing ditempati Nova Mardina dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Malihah dari Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam (STEBANK) Mr. Sjafruddin Prawiranegara DKI Jakarta.

Di cabang Pidato, Ikhsan Khulqi dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab FAH UIN Jakarta berhasil menjadi juara pertama. Adapun Riza Bari dari Madrasah Pesantren Daarus Sunnah dan Ahmad Busyairi dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyusul di urutan kedua dan ketiga.

Untuk cabang membaca kitab kuning atau Musabaqah Qiro’atul Kutub, Ahmad Zamzam Saefi dari Pesantren Daarus Sunnah berhasil keluar sebagai juara pertama. Juara kedua dan ketiga ditempati Fajar Syamsi dari UIN Jakarta dan Musa Wardi dari Pesantren Daarus Sunnah.

Di cabang penulisan Esai, Ujang Hudaya dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil membawa pulang piala juara pertama. Sedang piala juara kedua dan ketiga masing-maisng dibawa pulang oleh Lenni Selvi Maryani dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Diah Ayu dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab FAH UIN Jakarta.

Sementara itu, juara pertama dan kedua lomba Puisi dimenangkan oleh dua santri Pesantren Daarus Sunnah yaitu Muhammad Octa Adhi Saputra dan Isyfi Anni Azmi Al Rozi. Sedang juara ketiga, diraih Regina Juliansyah dari Pondok Pesantren Daarul Mughni.

Terakhir di cabang Arab Idol dimenangkan oleh Teuku Radja Idin dari Sekolah Tinggi Filsafat Islam SADRA Jakarta. Sedang juara kedua dan ketiga dimenangkan Nandang Budiman dari UIN Jakarta dan Wichda Rachma Adzkiya dari Pesantren Daarus Sunnah.

Dekan FDI Dr Hamka Hasan Lc MA mengungkapkan, kegiatan HAMASA 2017 merupakan kegiatan tahunan FDI untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi mahasiswa FDI UIN Jakarta dalam mengembangkan Bahasa Arab. “Kegiatan-kegiatannya pun adalah kegiatan yang menunjang intelektual dan kemampuan mahasiswa/I dalam meningkatkan kualitas diri fokus pada Bahasa Arab,” tambahnya.

Selain lomba di berbagai cabang, kegiatan HAMASA 2017 bertema Eksistensi Bahasa Arab dalam Lintas Perbedaan Peradaban diisi Seminar Nasional Sastra pada Senin, 16 Oktober 2017. Hadir sebagai narasumber Penyair, Penulis, dan Produsen Film Helvy Tiana Rosa dan Kritikus Sastra Arab Dr Siti Amsariah MA. [] farah nh/arif s/zm

Share This