Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Sivitas akademika UIN Jakarta kembali berduka. Guru Besar Bidang Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Aziz Fahrurrozi tutup usia, Rabu (22/9/2021), pukul 00.30 WIB karena sakit yang dideritanya. Almarhum dimakamkan hari ini di Tempat Pemakaman UIN Jakarta di Ciputat Timur setelah sebelumnya disemayamkan di rumah duka di Jalan Purnawarman Kompleks Lestari, Pisangan, Ciputat Timur.

Rektor UIN Jakarta Amny Lubis menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya guru besar yang dikenal ramah namun tegas itu. Ia menyatakan, Prof Aziz Fahrurrozi merupakan sosok yang disegani. Almarhum telah banyak mendarmabaktikan ilmunya kepada para mahasiswa, baik di program S1, S2, maupun S3.

Menurut Rektor, UIN Jakarta merasa kehilangan atas kepergian almarhum. Selama mengabdi di UIN Jakarta, Aziz Fahrrurrozi termasuk guru besar yang cukup gigih mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang bahasa Arab yang ditekuninya.

”Saya sangat dekat dan mengenal beliau sejak lama. Apalagi almarhum juga mengajar di Sekolah Pascasarjana bersama saya. Kami sering berdiskusi tentang banyak hal,” katanya.

Rektor juga menyebut almarhum Aziz Fahrurrozi sebagai sosok sederhana dan tawadlu. Almarhum juga pandai bergaul, sangat menyangi murid-muridnya, dan murah senyum.

”Kita doakan semoga almarhum Prof Aziz Fahrurrozi diampuni dosanya oleh Allah SWT, diterima amal saleh dan pengabdiannya selama menjadi dosen dan guru besar, serta ditempatkan di sisi-Nya,” ucap Amany Lubis.

Aziz Fahrurrozi lahir di Indramayu, Jawa Barat, pada 9 Juni 1953. Pendidikan S1-nya ditempuh di Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta (1979). Setelah itu melanjutkan S2 pada bidang Pemikiran Islam di Program Pascasarjana IAIN Jakarta (1994) dan program doktoral (S3) di tempat yang sama (2001). Ia juga pernah menempuh pendidikan profesi Diploma ’Ali di Khartum International Institute, Sudan (1986-1987).

Selama hidup, almarhum banyak mendedikasikan dirinya sebagai guru dan dosen, baik di UIN Jakarta maupun di beberapa perguruan tinggi lain.

Di UIN Jakarta selain sebagai dosen tetap di FITK dan Sekolah Pascasarjana, almarhum Fahrurrozi juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Laboratorium Bahasa (1984-1986). Kemudian Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK dan Wakil Dekan Bidang Akademik FITK.

Sementara di luar UIN Jakarta, almarhum antara lain mengajar di Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Arab Universitas Indonesia, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Jakarta, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Jakarta.

Selain itu, almarhum juga banyak mewarisi karya tulis, baik dalam bentuk buku, makalah, artikel populer, maupun jurnal. Di antaranya Memahami ajaran Pokok Islam (buku, 2004),  Meraih Haji Mabrur (buku, 2004), Bahasa Arab Aliyah (buku, 2007), Penyederhanaan Pengajaran Sharaf, Pengajaran Bahasa Arab untuk Tingkat Pemula, Pengajaran Sharaf dengan Pedekatan Analogi, Bahasa Arab: Problematika dan Harapan, dan Pengajarah Qawaid dan Insya’: Antara Teori dan Praktek. (NS)

Share This