Gedung Syahida Inn, BERITA UIN Online – Fakultas Psikologi (FPsi) UIN Jakarta menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal Ilmiah pada 13-14 Oktober 2021. Workshop digelar untuk meningkatkan pengelolaan dan pembobotan naskah jurnal guna menggenjot mutu akreditasi.

“Untuk meningkatkan mutu jurnal tersebut kita undang para reviewer, terutama yang karya ilmiahnya sudah terindeks Scopus,” kata Dekan FPsi Zahrotun Nihayah di Gedung Syahida Inn, Ciputat, Rabu (14/10/2021).

Workshop digelar selama dua hari dengan menghadirkan para pengelola dan reviewer jurnal di UIN Jakarta, di antaranya Muhammad Nida Fdlan, Azkia Muharom Albantani, Sutrisno Heru Sukoco, dan Gumgum Gumelar. Mereka selain sudah berpengalaman mengelola jurnal juga reviewer yang beberapa karyanya terindeks Scopus.

Menurut Zahrotun Nihayah, FPsi saat ini memiliki dua jurnal ilmiah, yakni JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia) dan Tazkiya. Kedua jurnal memiliki spesifikasi isi naskah berbeda.

Jurnal JP3I lebih mengkhususkan pada pengukuran, metode aplikasi dan pengembangan psikomteri. Sedangkan Jurnal Tazkiya isinya fokus ke masalah psikologi Islam atau pemaduan antara ilmu keislaman dan ilmu psikologi.

“Jurnal JP3I saat ini sudah masuk ke Sinta 2 dan Tazkiya ke Sinta 5. Target ke depan kami ingin kedua jurnal masuk ke Scopus,” ujarnya.

Zahrotun menambahkan, Jurnal Tazkiya merupakan jurnal lama yang terbit sejak tahun 2000. Lalu mulai tahun 2013 jurnal tersebut sudah terpublikasi secara online sebagai Open Journal System (OJS), sehingga mudah diakses.

“Kami berharap workshop pengelolaan jurnal ini dapat meningkatkan mutu dan akreditasi kedua jurnal,” katanya. (ns)

Share This