Gedung FITK, BERITA UIN Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta kembali menggelar Konferensi Internasional Pendidikan di Dunia Muslim Kelima (International Conference of Education Muslim Society 5th/ICEMS) pada Senin-Selasa, 30 September-1 Oktober 2019 mendatang di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Untuk mempersiapkan konferensi tahunan tersebut, Ketua Pelaksana Dr Didin Nuruddin Hidayat menggelar rapat koordinasi bersama para panitia pelaksana pada Rabu (24/7/2019) di Ruang Sidang FITK lt 2.

Dalam rapat tersebut, dihasilkan beberapa catatan, di antaranya  pada 30 September 2019 akan ada United Kingdom Universities Exhibition yang akan bertempat di Ruang Diorama dan Aula Madya UIN Jakarta.

“Untuk Keynote Speakers dan Plenary Speakers sudah konfirm semua. Perjalanan internasional akan mereka tanggung sendiri. Kita hanya mengeluarkan dana untuk keperluan domestiknya,” ujar Didin membacakan hasil rapat.

Total ada tujuh orang invited speakers, sambung Didin, ditambah satu invited speaker dari kalangan dosen FITK yang mengirimkan abstrak terbaik yang akan dimulai proses penilaian abstraknya.

Dilanjutkannya, untuk International Advisory Board yang terdiri dari Professor Gavin Sullivan, Professor Kerry McCallum, dan Professor Susan Kinnear, mereka sudah menerima email resmi dari Dekan FITK dan menyatakan kesiapannya untuk mensupport persiapan dan penyelenggaraan ICEMS 5th ini.

“Salah satu tugas mereka adalah sebagai independent reviewers menentukan abstrak terbaik dosen FITK,” imbuh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FITK itu.

Untuk Website ICEMS, lanjut alumni University of Canberra 2009 itu, sudah berjalan dengan baik dan konten sudah diupdate. Salah satunya, terang Didin, informasi invited speaker Dr Wael Said Aly dari Ain Syams University Kairo Mesir.

“Website masih perlu didesain tampilannya, sehingga lebih menarik. Flyer ICEMS sudah diupdate dengan meng-include foto dan data Dr Aly,” tandasnya.

Ditambahkannya, pendaftaran melalui EasyChair sudah mencapai 107 orang. Saat ini sedang dipilah jumlah full paper dan yang masih berupa abstrak.

Reviewers terdiri dari 15 orang dosen FITK mewakili seluruh jurusan/prodi yang ada dan SKnya sudah selesai,” kata Didin.

Sebagai informasi, Pelaksanaan 5th ICEMS pre-conference seminar series 2 akan dilaksanakan pada Jumat 26 Juli 2019 jam 08.30-10.30 bertempat di Ruang Teater Lantai 3 FITK bertema Future of Work dengan narasumber Professor Lan Snell dan Professor Philomena Leung dari Macquarie University, Australia.

“Semoga acara yang kita laksanakan dapat berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi baru untuk perkembangan pendidikan di dunia Islam,” pungkasnya. (lrf/mf)

Share This