FST, BERITA UIN Online—Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar Training Internet Marketing. Kegiatan ini dihelat berkat kerjasama antara Pemerintah Tangerang Selatan dan UIN Jakarta dalam rangka menuju Smart City. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Senin (20/11), bertempat di Ruang Teater FST UIN Jakarta.

Tak hanya dengan UIN Jakarta, Pemerintah Tangsel juga belajar dari perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Indonesia, dan Universitas Gajah Madja.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, dalam sambutannya mengatakan, UIN Jakarta dalam hal ini, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tugas tri dharma yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sangat menyokong cita-cita Pemerintah Tangsel menjadikan Tangsel sebagai smart city.

“Kemitraan ini merupakan wujud pelaksanaan tri dharma dengan cara bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan,” tambah Dede.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im menyampaikan, bahwa tantangan perguruan tinggi dalam memberikan layanan pendidikan makin berat. Selain harus terlibat dalam pengembangan sains dan ilmu pengetahuan, perguruan tinggi juga berkewajiban mencetak lulusan yang siap memasuki dunia profesional.

“Dengan demikian, perubahan status menjadi PTN BH sama sekali bukan untuk kepentingan komersialisasi layanan pendidikan. Akan tetapi, ini merupakan bagian peningkatan layanan publik di sektor pendidikan,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie dalam paparannya mengatakan, dalam mewujudkan Kota Tangsel sebagai Smart City, diperlukan komponen-komponen seperti Smart Economy, Smart Living, Smart People, Smart Environment, Smart Infrastructure, dan Smart Governance.

“UIN Jakarta sebagai lembaga pendidikan yang akan menciptakan perubahan perilaku masyarakat untuk menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan secara berkelanjutan. UIN diharapkan mampu meciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan mampu berinovasi,” ucap Benyamin.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan buntut dari kerjasama yang terjalin antara Pemerintahan Tangerang Selatan dalam hal ini DPMP3AKB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) dan UIN Jakarta (PUSBANGSITEK) FST UIN Jakarta. (lrf/sumber: fid, https://kabartangsel.com)

Share This