Gd. FST, BERITA UIN Online— Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar seminar nasional dan Paper Conference, Sabtu (27/10) lalu, bertempat di ruang teater lantai 2 FST UIN Jakarta.

Acara yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB tersebut, mengusung tema Peran Ilmu Guna Mewujudkan Daerah yang Mandiri dan Sejahahtera, dan dihadiri beberapa narasumber, di antaranya Prof Dr Emil Salim (ahli bidang lingkungan hidup, memaparkan tentang Biodiversitas, kemudian Dr Oswar Muadzin Mungkasa MURP (Wakil Pemkot DKI) dengan mengangkat topik Master Urban Regional Planning dalam diskusi Sustainable Development Goals, serta Hanafi S Guciano PhD (Sustainability Services Professional) yang membahas tentang Bio Bank.

Seminar yang dimoderatori oleh Dr Fahma Wijayanti itu, mengupas tentang mendapatkan pengetahuan dari tiga sudut pandang yang berbeda mengenai pembangunan pesisir yang sustainable. Selain itu, narasumber juga mengajak agar peserta seminar yang hadir lebih peka dalam masalah lingkungan yang terjadi dewasa ini, terutama meningkatkan peran serta mahasiswa dalam mengatasi isu lingkungan yang terjadi.

Selanjutnya, acara ECOLOGY bersambung dengan kegiatan presentasi dan publikasi karya ilmiah hasil penelitian dari beberapa perguruan tinggi, dalam kategori botani, lingkungan, zoology, dan mikrobiologi. Di antaranya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Siliwangi, dan UIN Jakarta. Sebelum presentasi, peserta wajib mengikuti alur paper conference ini, yaitu tahap awal pengiriman abstrak kepada panita. Abstrak ini akan diseleksi (dengan berbagai ketentuan) dan bagi abstrak yang terpilih akan dicetak dan dibagikan kepada para peserta paper conference.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai dewan juri antara lain Narti Fitriani MSi, Dr Dasumiati MSi, dan Mardiansyah MSi. Peserta yang hadir pun nampak begitu antusias mengikuti konferensi tersebut, hal ini terlihat dari sesi diskusi antara peserta dengan pemakalah. (lrf)

Share This