Gedung FITK, Berita UIN Online– Pengurus Forum Mahasiswa Magister (Forma) FITK periode 2018-2019 menggelar Musyawarah Besar (Mubes) bertemakan “Regenerasi Pemimpin Forma yang Berkemajuan” periode 2019-2020 di Ruang Sidang Magister lantai 4 FITK, Rabu (20/3/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr Fauzan MA dan seluruh Ketua Prodi Magister FITK.

Dalam sambutannya, Fauzan mengucapkan terima kasih atas kepengurusan Forma yang dipimpin Usman dengan Sekjen Harisal dedikasi dan pengabdiannya selama satu tahun terakhir. Fauzan juga menyampaikan masih ada kendala terkait anggaran Forma FITK yang belum dialokasikan pihak Rektorat.

“Berbeda dengan organisasi OMIK (Organisasi Mahasiswa Intra Kampus) S1, sehingga sering kali menjadi kendala Forma dalam merealisasikan program kerja yang direncanakan saat rapat kerja,” ujar Fauzan.

Meski demikian, Fauzan berjanji akan mengupayakan dana taktis Fakultas untuk membantu kegiatan Forma ke depan.

Diketahui sebelumnya, panitia Mubes telah masuk kelas ke seluruh Prodi Magister (MPBI, MPAI, MPBA, dan MMPI) untuk menyampaikan sosialisasi. Respons mahasiswa sangat baik dibuktikan dengan antusiasme dan kehadiran mereka saat proses Mubes berlangsung.

Dalam mekanisme pemilihan ini, panitia Mubes meminta lima mahasiswa delegasi dari setiap kelas di masing-masing Prodi semester dua dan empat sebagai pemilik suara sah selain dari pengurus Forma sebelumnya.

Terdata 4 perwakilan sebagai calon ketua, yaitu M Furqon (MPAI), Ibnu Aidil Putra (MMPI), Putra Topi N (MPBI), dan Farisha (MPBA).

Sebelum pemilihan, semua calon menyampaikan visi misi yang semuanya bertujuan untuk perbaikan Forma ke depan dan menjadi wadah aspirasi mahasiswa Magister FITK.

Setelah dilangsungkan pemilihan secara demokratis, akhirnya Ibnu Aidil Putra dari Magister MPI mendapat suara terbanyak dengan 16 suara, M Furqon di peringkat kedua dengan 10 suara, peringkat ketiga diduduki Putra Topi N dengan sembilan suara, dan Farisha diurutan empat dengan tiga suara.

Mereka berempat sepakat untuk bersama-sama membangun dan memajukan Forma selanjutnya menggantikan pengurus Forma Lama, yaitu Usman, Harisal, Iqbal, Herdi, Baiq, dan Syifa Syarifah.

Panitia Mubes Muslikh MA berharap Forma yang baru terpilih dan akan segera dilantik dapat mengabdikan dirinya bagi kepentingan Forma dan bisa menjadi penyambung lidah mahasiswa Magister FITK.

“Forma harus bisa lebih bersinergi dengan pengelola Prodi dalam merealisasikan program Prodi seperti, seminar, workshop, studium general, dan lain sebagainya,” ujar Muslikh.

Selain itu, sambungnya, Forma juga harus dapat dirasakan keberadaannya oleh mahasiswa magister, tidak hanya menjadi identitas dan dibawa kemana-mana oleh segelintir pengurusnya tanpa ada dampak positif untuk mahasiswa magister secara umum.

Berdasarkan pantauan Tim Berita UIN online, euforia dan harapan yang tinggi nampak dirasakan pengelola Prodi dan mahasiswa Magister FITK secara umum. Pasalnya, Forma merupakan tulang punggung Prodi Magister FITK.

“Tidak bisa program kerja Prodi berjalan dengan baik tanpa campur tangan Forma, begitupun sebaliknya, Forma tidak akan berjalan tanpa dukungan dari Prodi Magister,” imbuh Muslikh.

Muslikh menambahkan, pengelola Prodi Magister FITK dan mahasiswa menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya Mubes Forma 2019 yang telah memilih formateur dan mid formateur.

“Semoga Forma FITK dengan kepengurusan baru kembali jaya dan berfungsi sebagai wadah aspirasi mahasiswa serta mampu mengantarkan mahasiswa magister FITK menjadi lulusan dengan kualitas unggul, kompetitif, dan profesional,” pungkasnya. (mf/muslikh)

Share This